Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Situasi Memanas, Menlu Pakistan Sambangi Dua Pentolan Timur Tengah

Minggu, 12 Januari 2020 – 22:25 WIB
Situasi Memanas, Menlu Pakistan Sambangi Dua Pentolan Timur Tengah - JPNN.COM
Situasi di Timur Tengah memanas setelah dua kapal tanker diserang di Teluk Oman pekan ini. Foto: Google

jpnn.com, ISLAMABAD - Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi dijadwalkan berkunjung ke dua negara paling berpengaruh di Timur Tengah, Iran dan Arab Saudi. Anak buah Perdana Menteri Imran Khan itu akan mengadakan pembicaraan dengan mitranya di dua negara tersebut soal situasi terkini Timur Tengah.

Sebelumnya, PM Imran Khan meminta Qureshi untuk berkunjung ke Iran, Arab Saudi dan Amerika Serikat setelah serangan AS menewaskan komandan terkemuka Iran Qassem Soleimani di Irak. Para Rabu (8/1), Iran membalas serangan itu dengan menembakkan peluru kendali ke pangkalan-pangkalan militer yang ditempati pasukan AS di Irak.

Qureshi berangkat menuju Teheran pada Minggu (12/1) pagi untuk menjalani bagian pertama lawatannya. "Selama di Teheran, menteri luar negeri akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif dan bertukar pikiran soal perkembangan situasi di kawasan Teluk," menurut pernyataan Kemlu Pakistan.

Qureshi akan berkunjung ke Arab Saudi pada Senin (13/1) untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Pangeran Faisal bin Farhan Al Saudi serta membicarakan masalah perdamaian dan stabilitas di kawasan.

"Perkembangan baru-baru ini benar-benar membahayakan perdamaian dan keamanan di kawasan, yang sebelumnya sudah bergejolak, serta menekankan bahwa betapa penting menjalankan upaya segera dan bersama untuk mendapatkan penyelesaian damai," bunyi pernyataan itu.

Qureshi akan menyampaikan kesiapan Pakistan mendukung semua upaya untuk mencari penyelesaian atas perbedaan dan perselisihan melalui cara politik dan diplomatik, menurut pernyataan tersebut. (ant/dil/jpnn)

Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi dijadwalkan berkunjung ke dua negara paling berpengaruh di Timur Tengah, Iran dan Arab Saudi.

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close