Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Situs Srigading, Kisah Mistis dan Isyarat dari Bukit Samping Masjid

Jumat, 25 Februari 2022 – 21:21 WIB
Situs Srigading, Kisah Mistis dan Isyarat dari Bukit Samping Masjid - JPNN.COM
Suryadi di lokasi situs candi di Dusun Manggis, Desa Srigading, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Foto: Ridho Abdullah Akbar/JPNN.com

jpnn.com - Di Kabupaten Malang, Jawa Timur, terdapat situs bersejarah bernama Srigading. Ada kisah mistis di balik penemuan situs yang awalnya cuma dianggap gundukan tanah itu.

Ridho Abdullah Akbar, Malang

SEMULA gundukan di Dusun Manggis, Desa Srigading, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, itu dianggap tanah biasa. Lokasinya pun di tengah-tengah lahan tebu.

Untuk menjangkau lokasi itu dari Kota Malang membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Masih ada aktivitas warga dan tim arkeolog di situs tersebut.

Penemu situs itu ialah Suryadi. Warga Kelurahan Kalirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, itu menemukan gundukan tanah yang ternyata situs bersejarah tersebut pada 1986.

"Dahulu melihat candi ini (gundukan, red) pada 1986, saya masih bujang umur 28 tahun," ucapnya saat ditemui JPNN.com belum lama ini.

Suryadi menuturkan dirinya sempat memperoleh tanda-tanda mistis sebelum menemukan gundukan itu.

"Ketika itu saya berada di bukit samping masjid dan melihat dari ketinggian ada cahaya di daerah sini, padahal belum ada lampu," ujar Suryadi.

Sebuah gundukan tanah di ladang tebu yang semula dianggap tak istimewa ternyata menyimpan situs bersejarah yang kini dikenal dengan sebutan Srigading.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close