Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Soal Autopsi Ulang Brigadir J, Edi: Polri Sudah Transparan, Kami Harap Apa pun Hasilnya Bisa Diterima

Kamis, 28 Juli 2022 – 22:09 WIB
Soal Autopsi Ulang Brigadir J, Edi: Polri Sudah Transparan, Kami Harap Apa pun Hasilnya Bisa Diterima - JPNN.COM
Sejumlah orang memasukkan peti jenazah almarhum Brigadir Polisi Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J ke dalam ambulance saat pembongkaran makam di Sungai Bahar, Muarojambi, Jambi, Rabu (27/7/2022). ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/wsj

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Saputra Hasibuan mengatakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terus merepons dan mencermati berbagai masukan dari masyarakat, termasuk melakukan autopsi ulang jenazah Brigadir J. 

Dia melihat bahwa adanya keterbukaan dan transparansi Polri dalam mengautopsi ulang jenazah Brigadir J di Rumah Sakit Umum Daerah Sungai Bahar, Muaro Jambi, Provinsi, Jambi, seperti permintaan keluarga. 

Dia mengatakan autopsi ulang akan mendapatkan hasil maksimal karena melibatkan para pakar forensik dari berbagai tempat dan institusi, termasuk TNI dan Universitas Indonesia (UI). 

“Kami mengharapkan apa pun hasil autopsi ulang bisa diterima karena pelaksanaannya sudah banyak melibatkan pakar forensik yang dilakukan secara terbuka dan transparan," kata Edi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (28/7).

Bang Edi, panggilan akrab Edi Saputra Hasibuan, juga mengapresiasi Polri yang memakamkan kembali jenazah Brigadir J secara kedinasan setelah autopsi ulang. 

"Sikap Polri yang sudah melakukan pemakaman secara kedinasan terhadap jenazah Brigadir J di Jambi layak diapresiasi," kata mantan komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), itu. 

Menurut dia, pemakaman secara kedinasan itu juga akan meningkatkan kepercayaan terhadap Polri di mata publik.

Sebelumnya, Brigadir J tewas akibat penembakan di rumah dinas Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan, 8 Juli 2022.

Edi menilai Polri sudah transparan dan terbuka dalam autopsi ulang Brigadir J, sebagaimana permintaan keluarga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close