Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Soal Hak Angket, NasDem Sudah Jalin Komunikasi ke PDIP

Kamis, 07 Maret 2024 – 13:14 WIB
Soal Hak Angket, NasDem Sudah Jalin Komunikasi ke PDIP - JPNN.COM
Taufik Basari (dua kanan). Foto: Fathan Sinaga/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Fraksi Partai NasDem DPR Taufik Basari atau Tobas mengaku pihaknya sudah menjalin komunikasi informal dengan PDI Perjuangan demi mewujudkan hak angket menyelidiki dugaan kecurangan Pemilu 2024.

“Secara informal sudah ada pembicaraan (dengan Fraksi PDI Perjuangan, red), tetapi, kami lagi memastikan pematangan dari proses komunikasi ini;” kata Tobas kepada awak media, Kamis (7/3).

Dia menilai PDIP menjadi fraksi yang mengawali wacana penggunaan hak angket dan semua pihak menunggu sikap resmi parpol berlambang Banteng moncong putih itu.

"Sebab, mereka yang mengawali usulan hak angket ini dan juga sebagai fraksi terbesar dan kami menghormati, ya. Kami menunggu juga kesiapan PDI Perjuangan,” ujar legislator Komisi III DPR RI itu.

Namun, kata Tobas, NasDem siap menggunakan angket menyikapi dugaan kecurangan pemilu seandainya PDI Perjuangan tidak masuk barisan yang memakai hak milik perlemen tersebut.

Dia mengatakan NasDem saat ini sedang memikirkan substansi ketika parlemen mengajukan angket.

"Misalnya, pelanggaran UU mana yang terjadi, kebijakan apa yang mau kita selidiki, atau penyalahgunaan anggaran mana yang selama ini terjadi, itu yang harus kita pastikan termuat dalam pengajuan hak angket kita,” kata Tobas.

Diketahui, hak angket pertama kali digulirkan oleh capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo untuk menyelidiki dugaan kecurangan pemilu.

Fraksi Partai NasDem telah bermanuver secara informal ke PDIP demi mewujudkan wacana hak angket menyelidiki dugaan kecurangan Pemilu 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close