Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Soal Lambatnya DCS, KPU Berkelit

Rabu, 08 Oktober 2008 – 07:23 WIB
Soal Lambatnya DCS, KPU Berkelit - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA—Tudingan berbagai kalangan pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) soal lambatnya pengumuman daftar caleg sementara (DCS) dibantah lembaga penyelenggara Pemilu ini. Menurut anggota KPU I Gusti Putu Artha, sesuai UU No 10/2008 tentang Pemilu 2009 ataupun peraturan KPU, tidak dijelaskan kalau DCS harus di umumkan media masa tepat 26 September 2008. Pengumuman DCS sendiri secara prinsip sudah dilakukan KPU di kantornya dan lewat website KPU.

"Tidak benar ada ketentuan harus diumumkan media masa pada tanggal 26 September," kata Putu.

Dalam Pasal 61 Ayat (4) UU No.10/2008, jelasnya, hanya menyebutkan pengumuman DCS di media massa dilakukan selama lima hari. Hal ini sudah dipenuhi KPU dengan memperpanjang masa pengumum DCS hingga 14 Oktober dari sebelumnya 9 Oktober.

"Pengumuman DCS baru hari ini ada di media cetak, dikarenakan momentumnya bertepatan dengan Idul Fitri, dan menurutnya tidak efektif diumumkan DCS," terangnya.

Sementara pengumuman DCS yang tidak disertai foto, KPU menjelaskan hal tersebut murni karena keterbatasan dana dan bukan kesalahan disengaja. (esy)

JAKARTA—Tudingan berbagai kalangan pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) soal lambatnya pengumuman daftar caleg sementara (DCS) dibantah lembaga

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close