Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Soal Pembebasan Lahan Tol Padang-Pekanbaru, Audy Pengin Cepat

Rabu, 16 Juni 2021 – 21:46 WIB
Soal Pembebasan Lahan Tol Padang-Pekanbaru, Audy Pengin Cepat - JPNN.COM
Wagub Sumbar Audy Joinaldy meninjau progres pembebasan lahan Jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi I ruas Padang-Sicincin di Padang Pariaman, Sumbar, Rabu (16/6/2021). ANTARA/HO-Pemprov Sumbar

jpnn.com, PADANG PARIAMAN - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy meminta Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman mempercepat pembebasan lahan untuk pembangunan Tol Padang-Pekanbaru Seksi I ruas Padang-Sicincin sepanjang 36,15 km.

Menurut Audy, tim dari provinsi akan berkoordinasi dengan Pemkab Padang Pariaman. Mereka juga telah bersepakat dengan bupati soal identifikasi nama dan alamat pemilik lahan.

"Jadi, apa permasalahannya bisa selesaikan satu per satu," kata Audy di Padang Pariaman, Rabu (16/6).

Audy Joinaldy menjelaskan sejauh ini pembebasan lahan Tol Padang-Pekanbaru Seksi I ruas Padang-Sicincin sudah selesai dibayarkan 40 persen. Sedangkan 21 persen sedang dalam proses bayar dan tinggal 39 persen yang belum selesai.

"Dari 39 persen itu, 22 persen sedang proses. Jadi, masih on progress," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengatakan secara prinsip masyarakat mendukung pembangunan tol tersebut, apalagi ada istilah ganti untung.

Walakin, persoalannya di antara lahan yang akan dibebaskan ada yang merupakan tanah ulayat milik komunitas adat.

Masalah lainnya, sebagian pemilik lahan itu sekarang tinggal di luar daerah. Ada yang di Jakarta, Medan, Jambi dan banyak daerah lain sehingga prosesnya sedikit terkendala.

Wagub Sumbar Audy Joinaldy meminta Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman mempercepat pembebasan lahan Tol Padang-Pekanbaru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close