Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Soekarwo Beri Julukan untuk Anak Indonesia

Senin, 23 Juli 2018 – 14:00 WIB
Soekarwo Beri Julukan untuk Anak Indonesia - JPNN.COM
Gubernur Jawa Timur Soekarwo saat peringatan Hari Anak Nasional di Pasuruan

jpnn.com - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo memiliki sebutan khusus untuk anak Indonesia. Julukan itu adalah GENIUS, yang merupakan kependekan dari kata Gesit, Berempati, Berani, Unggul, dan Sehat. Hal tersebut dikatakan Pakde Karwo, sapaan akrabnya saat memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Nasional di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan pagi tadi.

Pria yang akan pensiun pada 2019 mendatang itu menambahkan, anak genius tercipta berkat peran orang tua yang luar biasa. ”Bagi anak, orang tua adalah guru utama dan pertama. Jadi, ayo kita ajari anak-anak kita dengan kebaikan,” ajaknya.

Dijelaskan prinsip anak disebut genius adalah memiliki IQ diatas 110. Salah satu cara  menciptakan anak genius adalah dengan memberikan perhatian khusus saat usia 1 – 8 tahun. Karena 80 persen pembentukan kemampuan otak pada usia tersebut. "Makanya, di usia itu, berikan asupan makanan yang bergizi tinggi agar bisa menjadi anak yang genius. Salah satunya adalah mengkonsumsi ikan," ujarnya.

Soekarwo Beri Julukan untuk Anak Indonesia

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI Prof. DR. Yohana Susana Yembise, Dip. Apling, MA menuturkan anak Indonesia sebagai anak yang genius. Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para anak, lanjutnya, negara memberikan perlindungan dengan membuat UU  Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak.

Di dalamnya berisi tentang setiap orang yang melakukan kejahatan seksual terhadap anak hingga menyebabkan meninggal, cacat, dan menularkan penyakit berbahaya bisa dikenakan hukuman berat. "Misalnya hukuman mati dan kebiri," ungkapnya.

Peringatan Hari Anak (HAN) tingkat Nasional Tahun 2018 diikuti sekitar 3.500 peserta. Dimana 3.000 pesertanya adalah anak-anak  dari seluruh Indonesia. Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pembacaan suara anak Indonesia yang dibacakan oleh 34 anak yang mewakili Provinsi se-Indonesia. (JPNN/pda)

Peringatan Hari Anak (HAN) tingkat Nasional Tahun 2018 diikuti sekitar 3.500 peserta

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close