Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

95 Persen Anak di Serang Ditargetkan Terima Vaksin Polio

Kamis, 25 Juli 2024 – 14:00 WIB
95 Persen Anak di Serang Ditargetkan Terima Vaksin Polio - JPNN.COM
Bupati Serang Ratu Tatu Casanah (kedua dari kiri) mendampingi anak dalam vaksinasi polio di Serang, Banten, Rabu (24/7/2024) (ANTARA/HO-Pemkab Serang)

jpnn.com, SERANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang menargetkan capaian Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 95 persen dari total 231.500 anak di daerah itu.

Kepala Dinkes Kabupaten Serang Rahmat Fitriadi mengatakan untuk mencapai target pemberian vaksin polio tersebut, mereka akan menyisir sekolah-sekolah mulai dari PAUD, TK, hingga SD.

"Pelaksanaan PIN Polio sudah dimulai sejak Selasa (23/7), secara serentak di seluruh Kabupaten Serang untuk tahap pertama, sedangkan untuk tahap kedua akan dilaksanakan dua minggu kemudian," ujar dia dikutip dari Antara, Kamis (25/7).

Target sasaran pada PIN Polio serentak tahun ini 231.500 anak, sedangkan pada hari pertama dimulai pemberian vaksin sudah mencapai 16 persen.

”Satu minggu ke depan target kita 55 persen. Mudah-mudahan kita bisa mencapai 95 persen. Anak yang diberi vaksin polio yang usianya kurang delapan tahun ke bawah,” katanya.

Dia menjelaskan masyarakat bisa mengakses vaksin polio melalui puskesmas, PAUD, TK, SD, dan pos-pos PIN Polio yang diselenggarakan puskesmas.

Dia menyebut kegiatan itu momentum meningkatkan komitmen dan kolaborasi semua pihak bagi pencapaian target program imunisasi serta memutuskan rantai penyebaran kasus kejadian luar biasa (KLB) polio yang sudah terjadi di delapan provinsi di Indonesia, yaitu Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Banten.

"Pemberian vaksin polio sangat penting untuk mencegah penyakit polio. Kalau sudah kena polio gejalanya dari yang ringan sampai berat, awalnya demam kemudian bisa menyebabkan kelumpuhan hingga kematian. Maka antisipasinya melalui vaksinasi ini,” katanya.

Dia berharap, imunisasi polio dapat memberikan keadaan yang sehat dari penyakit itu untuk anak-anak di Kabupaten Serang. (antara/jpnn)


Pemkab Serang menargetkan 95 persen anak di wilayah tersebut menerima vaksin polio.

Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA