Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com
Nusantara Fashion Festival 2020

Solusi dari Menteri Erick Thohir agar BUMN dan UMKM Kuat Menghadapi Pandemi

Senin, 17 Agustus 2020 – 09:37 WIB
Solusi dari Menteri Erick Thohir agar BUMN dan UMKM Kuat Menghadapi Pandemi - JPNN.COM
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: dok BUMN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara Indonesia (BUMN) sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN), Erick Thohir mengatakan Pandemi covid-19 telah berdampak terhadap berbagai sektor dalam kehidupan masyarakat. Tak terkecuali di Indonesia, pandemi covid-19 telah melemahkan sejumlah usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Dampaknya besar sekali, hanya sekitar 10 persen BUMN dan UMKM yang masih berjalan normal,” kata Erick Thohir dalam dalam Fashion Talks Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020 yang bertajuk “How SOE’s Boost Creative SME’s”, Minggu (16/8/2020).

Meski demikian, Erick mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan transformasi sejak awal. Selain untuk efisiensi, hal tersebut dilakukan agar BUMN dan UMKM menjadi lebih kuat dan kompetitif.

“Yang tadinya 142 jadi 107 BUMN. Tentu tujuannya supaya lebih kuat, bermanfaat dan kompetitif,” ujarnya.

Dai mengakui, transformasi yang dilakukan tersebut membuat sejumlah BUMN dan UMKM menjadi lebih siap dalam menghadapi pandemi. Hal tersebut juga turut mengurangi risiko penurunan performa BUMN dan UMKM.

“Dengan kondisi covid-19 yang membuat hampir semua BUMN terdampak. Kami semua lebih siap karena sudah menerapkan transformasi,” ujarnya.

Erick Thohir pun menyebutkan tiga hal terpenting dalam transformasi BUMN dan UMKM. Ketiga hal tersebut ialah memperbaiki nilai-nilai dalam BUMN dan UMKM, memanfaatkan teknologi, serta mengembangkan SDM.

Ia berharap, sejumlah BUMN dan UMKM bisa bersinergi menjadi satu ekosistem, dan saling mendukung untuk bangkit di masa pandemi covid-19.

Menteri BUMN sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN), Erick Thohir mengatakan Pandemi covid-19 telah berdampak terhadap berbagai sektor dalam kehidupan masyarakat termasuk BUMN dan UMKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close