Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Soroti Pembubaran Diskusi FTA, ELSAM Singgung Kegagalan Negara

Kamis, 03 Oktober 2024 – 07:57 WIB
Soroti Pembubaran Diskusi FTA, ELSAM Singgung Kegagalan Negara - JPNN.COM
Tangkapan layar video aksi pembubaran paksa diskusi FTA di Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (28/9/2024) (ANTARA/Walda Marison)

jpnn.com - Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM) menyoroti peran negara dalam melindungi kebebasan rakyat dalam berserikat dan berkumpul, buntut pembubaran diskusi Forum Tanah Air (FTA) di Kemang, Jakarta Selatan pada Sabtu (28/9/2024).

ELSAM dalam siaran pers menyatakan aksi pembubaran diskusi di Kemang itu memperlihatkan pelindungan kebebasan sipil di Indonesia yang semakin buruk.

Soroti Pembubaran Diskusi FTA, ELSAM Singgung Kegagalan NegaraPolisi menggiring dua tersangka kasus pembubaran paksa diskusi Forum Tanah Air (FTA) di Polda Metro Jaya Jakarta, Minggu (29/9/2024). Polda Metro Jaya telah menangkap lima orang dan menetapkan dua tersangka terkait kasus di Kemang, Jakarta Selatan pada Sabtu (29/9/2024). ANTARA FOTO/Reno Esnir/tom.

Terlebih, dalam catatan ELSAM, terdapat rentetan peristiwa serupa yang terjadi sebelum pembubaran paksa diskusi di Kemang.

Diskusi FTA bertajuk "Silaturahmi Kebangsaan Diaspora bersama Tokoh dan Aktivis Nasional", dibubarkan paksa oleh sekelompok orang yang mengatasnamakan Aliansi Cinta Tanah Air.

Sehari sebelumnya, pada Jumat (27/9), Aksi damai Global Climate Strike atau Jeda Iklim Global yang digelar di Jakarta, juga dibubarkan oleh sekelompok orang.

Peristiwa serupa juga terjadi pada Mei 2024 yang lalu, ketika penyelenggaraan Peoples Water Forum, dibubarkan paksa, dengan tuduhan mengganggu World Water Forum, di Bali.

"Situasi tersebut kian menunjukan suramnya jaminan perlindungan HAM bagi warga negara, khususnya pasca-Pemilu 2024, sebagai akibat tindakan kekerasan secara sewenang-wenang sekelompok orang, tanpa adanya upaya perlindungan yang memadai dari aparat negara," ujar Direktur Eksekutif ELSAM Wahyudi Djafar, dikutip dari laman elsam.or.id.

ELSAM menyinggung kegagalan negara terkait pembubaran diskusi FTA di Kemang yang menggunakan cara-cara kekerasan. Kepolisian...

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA