Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Soyuz dan Richard Garriot Bergabung di ISS

Rabu, 15 Oktober 2008 – 14:14 WIB
Soyuz dan Richard Garriot Bergabung di ISS - JPNN.COM
MOSKOW - Kapsul Soyuz TMA-13 akhirnya tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) kemarin (14/10). Dengan demikian, petualangan luar angkasa miliarder Amerika Serikat (AS) Richard Garriott sebagai turis luar angkasa pun resmi dimulai.

Sebagaimana dilaporkan juru bicara Russian Mission Control di Kota Korolyov dekat Moskow, pendaratan kapsul angkasa yang bertolak dari stasiun peluncuran di Kazakhastan pada Minggu lalu (12/10) itu lebih cepat beberapa menit daripada jadwal. "Kapsul Soyuz otomatis bergabung dengan ISS pada pukul 12.26 waktu Moskow (17.26 WIB)," ujar Jubir yang tidak disebutkan namanya itu.

Menyaksikan detik-detik pendaratan Soyuz ke ISS, ayah Garriott, Owen, mengaku berdebar-debar. "Saya mengalami cukup banyak ketegangan hari ini, seperti saat peluncuran. Tapi, kami yakin, semuanya akan berjalan lancar," ujarnya lega. Dia juga bangga, anaknya berkesempatan mengalami petualangan luar angkasa seperti yang pernah dia alami pada 1973.

Rencananya, Soyuz yang mengusung tiga penumpang bumi, termasuk Garriott, itu akan berada di luar angkasa selama sepuluh hari. Sekitar satu setengah jam setelah Soyuz mendarat, astronot AS Michael Fincke dan kosmonot Rusia Yury Lonchakov dijadwalkan memasuki ISS. Mereka berdua akan bertugas di ISS selama beberapa bulan, menggantikan astronot AS Sergei Volkov dan kosmonot Rusia Oleg Kononenko.

MOSKOW - Kapsul Soyuz TMA-13 akhirnya tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) kemarin (14/10). Dengan demikian, petualangan luar angkasa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close