Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com
Edufair SMAN 8 Jakarta

Strategi Menembus Beasiswa Melalui Penulisan Esai yang Bagus

Kamis, 30 Juli 2020 – 23:55 WIB
Strategi Menembus Beasiswa Melalui Penulisan Esai yang Bagus - JPNN.COM
Alumnus SMAN 8 Jakarta tahun 1982, Suradi yang kini bergerak di dunia media dan penulisan buku saat penutupan Part I Edufair SMAN 8 Jakarta bertema ‘Esai dan Strategi Menembus Beasiswa’ pada Kamis (30/7). Foto: Dokpri

jpnn.com, JAKARTA - Masa pandemi Covid-19 tampaknya tidak menyurutkan semangat para pelajar untuk mencari informasi peluang beasiswa mancanegara. Oleh karena itu, acara seperti Edufair yang digelar SMAN 8 Jakarta secara daring pun diminati siswa, terutama kelas 12, 11, dan juga kelas 10.

Sejumlah orang tua murid dan beberapa alumni ikut bergabung dalam penutupan Part I Edufair SMAN 8 Jakarta bertema, “Esai dan Strategi Menembus Beasiswa” pada Kamis (30/7).

Narasumber untuk sesi penutup bagian pertama Edufair ini adalah Alumnus SMAN 8 Jakarta tahun 1982, Suradi yang kini bergerak di dunia media dan penulisan buku. Selain itu, Alumnus SMAN 8 tahun 1995 Chintya Imelda Maidir, yang kemudian melanjutkan ke ITB Bandung dan kini sebagai National Program Coordinator, Knowledge Sector Initiative, Program Kemitraan Indonesia-Australia.

Kepala Sekolah SMAN 8 Jakarta, Rita Hastuti yang memberikan sambutan pembukaan sesi ini mengatakan Edufair memberikan sarana informasi luar biasa kepada para siswa dan orang tua yang ingin putra-putrinya melanjutkan kuliah di luar negeri, terutama dengan beasiswa.

“Setelah sesi sebelumnya yang memberikan gambaran bagaimana sistem belajar di sejumlah negara Asia, Eropa, dan Amerika, lengkap dengan trik dan tipsnya, maka kali ini khusus mengenai literasi yakni bagaimana membuat esai sebagai salah satu syarat penting lolosnya pengajuan beasiswa,” kata Rita Hastuti kepada sekitar 300 peserta Edufair ini.

Menurut Suradi, trik untuk lolos seleksi beasiswa sebenarnya lebih mudah disiapkan jauh hari sebelumnya, idelnya sejak semasa SMP, tetapi jika sudah masa SMA, juga tak masalah, asalkan setiap pelajar sudah memiliki sejumlah ‘tabungan’ berupa prestasi akademik, aktivitas organisasi di sekolah dan luar sekolah, kemampuan bahasa Inggris yang memadai baik lisan maupun tulisan, dan tentunya keterampilan menulis, khususnya untuk menulis sebuah esai yang biasa disebut  personal statement.

Dalam talkshow ini, Suradi yang berpengalaman dan berhasil mendidik ketiga anak-anaknya sehingga lolos beasiswa strata satu (S1) di Amerika Serikat (AS), Madrid, Spanyol, dan putra ketiga yang juga lolos seleksi masuk sekolah internasional setingkat SMA yakni Knightsbride International School (KSI) di Montenegro, Eropa Selatan, menjelaskan bagaimana sebuah esai dibuat agar menarik perhatian universitas atau sekolah yang akan member beasiswa.

“Kita harus mampu menunjukkan kelebihan dan keunikan kita pada universitas atau sekolah melalui esai kita. Jangan berbohong, apalagi mencontek esai milik orang lain, tetapi pelajar I beragam esai dan kita tuangkan tentang  diri, keluarga, aktivitas, karya, dan kelebihan diri kita dalam sebuh esai yang tulis secara jujur,” kata Suradi.

Edufair memberikan sarana informasi luar biasa kepada para siswa dan orang tua yang ingin putra-putrinya melanjutkan kuliah di luar negeri, terutama dengan beasiswa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close