Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sudirman Minta Para Elite Temukan Kembali Kepatutan Mereka

Jumat, 25 Februari 2022 – 21:44 WIB
Sudirman Minta Para Elite Temukan Kembali Kepatutan Mereka - JPNN.COM
Sudirman Said. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Institut Harkat Bangsa Sudirman Said menyesalkan ulah para pejabat tinggi negara yang kerap membuat gaduh dengan pernyataan-pernyataan kontroversialnya. 

Terbaru, dan sedang hangat-hangatnya, pernyataan kontroversial Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas tentang azan. 

Sudirman menyebut, dirinya sepakat dengan pengaturan pengeras suara, baik volume maupun lamanya pengeras suara, di masjid atau mushola-mushola. 

Karena di kota-kota memang pemukiman makin padat dan penghuni semakin beragam agama dan keyakinan. Pengaturan ini juga sedang dikelola oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI). 

"Hanya, mengatur kehidupan beragama harus dengan kebijaksanaan yang tinggi, sebaiknya menghindari diksi yang memancing emosi, atau yang merendahkan," ujar Sudirman, Kamis (24/2).

Kini, kata mantan Menteri ESDM itu, publik dihadapkan pada kenyataan bahwa pemimpin kementerian yang seharusnya menjaga kerukunan dan kedamaian, malah menyulut kontroversi yang tidak perlu.

Seharusnya, para pejabat publik belajar dari almarhum Frans Seda, seorang tokoh bangsa yang lama sekali menjadi pelayan publik dalam jabatan yang tinggi.  

"Kata Pak Frans Seda, menteri atau pejabat tinggi negara itu punya tiga peran. Satu pembantu Presiden. Dua pemimpin sektor/institusi yang dipimpinnya, dan tiga, tokoh masyarakat," ungkapnya. 

Ketua Institut Harkat Bangsa Sudirman Said menyesalkan ulah para pejabat tinggi negara yang kerap membuat gaduh dengan pernyataan-pernyataan kontroversialnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close