Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sugeng Teguh Mengingatkan Advokat jangan Hanya Sibuk Mengejar Kekayaan Belaka, Lupa Kepedulian Sosial

Jumat, 18 September 2020 – 23:25 WIB
Sugeng Teguh Mengingatkan Advokat jangan Hanya Sibuk Mengejar Kekayaan Belaka, Lupa Kepedulian Sosial - JPNN.COM
Deklarasi Peradi Pergerakan untuk mengembalikan martabat, kemuliaan dan kehormatan (Officium Nobile) advokat. Foto: dok PP

jpnn.com, JAKARTA - Ratusan advokat  termasuk pengacara senior Sugeng Teguh Santoso mendeklarasikan Perhimpunan Penasehat Hukum Indonesia (PERADI) Pergerakan. Langkah ini diambil untuk mengembalikan martabat, kemuliaan dan kehormatan (Officium Nobile) advokat.

"Saya bertekad membawa Peradi Pergerakan sebagai garda terdepan untuk memulihkan profesi advokat yang bermartabat, mulia dan terhormat," ucap Sugeng Teguh usai deklarasi Peradi Pergerakan di kawasan Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/9).

Sugeng juga mengkritik para kolega seprofesinya yang hanya berkutat pada aspek komersial belaka.

Padahal, ujarnya, advokat tidak melulu hanya untuk mengumpulkan kekayaan, tetapi juga harus terlibat dalam pergumulan sosial kemasyarakatan untuk menembus awan gelap yang merintangi para pencari keadilan.

"Oleh karena itu, Peradi Pergerakan akan fokus mendidik para advokat muda dengan titik berat kepedulian sosial, sehingga kelak mereka akan akrab dengan prinsip hukum Pro Bono (bantuan hukum yang berdimensi sosial dan tidak komersial)," sambungnya.

Sugeng menegaskan Peradi Pergerakan bukanlah pecahan dari organisasi manapun.

Meski begitu, Sugeng menegaskan anggota Peradi Pergerakan berasal dari salah satu Peradi. Namun, status mereka sudah tidak terikat dengan Peradi sebelumnya.

"Kami memang sebagian besar berasal dari salah satu Peradi, tapi kami telah mengakhiri pengabdian kami di sana secara terhormat dan bermartabat, mengantar Peradi sampai terselenggaranya Munas Agustus lalu," tegasnya.

Peradi Pergerakan akan fokus mendidik para advokat muda dengan titik berat kepedulian sosial bukan mengejar kekayaan semata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close