Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Suharso Menghadap ke Istana, Lalu Sampaikan Wanti-wanti dari Pak Jokowi

Kamis, 25 Agustus 2022 – 16:14 WIB
Suharso Menghadap ke Istana, Lalu Sampaikan Wanti-wanti dari Pak Jokowi - JPNN.COM
Menteri Perencaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa memberikan keterangan pers seusai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (25/8). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perencaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan pihaknya berupaya untuk meningkatkan kualitas belanja baik melalui APBN maupun APBD sehingga tidak terjadi pengulangan pembelian barang yang sama setiap tahunnya.

Suharso menerangkan pemerintah juga berupaya meningkatkan belanja produk dalam negeri.

Hal ini disampaikan Suharso seusai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (25/8).

“Produk dalam negeri yang diinginkan adalah produk dalam negeri yang benar-benar tingkat kandungan dalam negerinya itu tinggi, bukan barang impor yang hanya diganti bungkusnya. Hanya dengan satu persen, dua persen, lalu dibilang produk dalam negeri,” ujar Suharso dalam keterangannya di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (25/8).

Suharso mengatakan saat ini Indonesia telah melakukan lompatan yang besar dengan meningkatnya jumlah produk yang masuk ke dalam Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Pemerintah menargetkan tahun depan jumlah produk yang masuk dapat mencapai dua juta produk.

“Kami setelah melakukan lompatan yang luar biasa, di mana kalau pada waktu yang lalu itu baru 50 ribuan produk yang masuk di LKPP, sekarang sudah 600 ribu lebih dan targetnya pada tahun ini adalah satu juta dan tahun depan dua juta,” lanjutnya.

Dari seluruh produk yang masuk, Suharso menyebut pemerintah mendorong produk lokal dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) tinggi dapat masuk ke dalam LKPP.

Suharso menerangkan Presiden Jokowi berupaya meningkatkan belanja produk dalam negeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close