Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sukses Uji Coba Pencegat Rudal

Rabu, 13 Januari 2010 – 05:44 WIB
Sukses Uji Coba Pencegat Rudal - JPNN.COM
BEIJING- Militer Tiongkok kembali unjuk kedigdayaan. Selasa (12/1) Beijing mengklaim sukses mengujicobakan sistem pencegat rudal sebagai wujud perkembangan pesat pertahanan udaranya. Konon, langkah tersebut sengaja ditempuh untuk menandingi kerja sama militer Taiwan dan Amerika Serikat (AS).

   

"Tiongkok telah berhasil mengujicobakan teknologi antirudal skala menengah yang berbasis di darat," terang Jubir Departemen Luar Negeri (Deplu) Tiongkok, Jiang Yu, seperti dilansir Agence France-Presse. Dia menegaskan bahwa uji coba tersebut bersifat defensif, sesuai dengan kebijakan pertahanan nasional Tiongkok.

     

Dalam konferensi pers di ibu kota itu, Jiang menepis anggapan bahwa uji coba sistem antirudal itu dilakukan untuk menyaingi Washington. Sebab, Beijing disebut-sebut tersinggung dengan hubungan mesra AS dan Taiwan. Belakangan, dua negara tersebut memang semakin intensif bekerja sama dalam bidang perdagangan senjata.

     

Tiongkok yang mengklaim Taiwan sebagai salah satu provinsinya khawatir wilayah tersebut nekat akan merdeka berbekal senjata-senjata canggih buatan AS. Bahkan, berdasar informasi terbaru, Washington dan Taipei sudah menyepakati penjualan piranti canggih rudal Patriot. Karena itu, wajar jika pemerintahan Hu Jintao lantas mengimbau Pentagon membatalkan kesepakatan transaksi senjata dengan Taiwan.

     

BEIJING- Militer Tiongkok kembali unjuk kedigdayaan. Selasa (12/1) Beijing mengklaim sukses mengujicobakan sistem pencegat rudal sebagai wujud perkembangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close