Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Suku Bunga Acuan Naik, SBN Seri SBR013 Jadi Opsi Investasi yang Menguntungkan

Rabu, 12 Juni 2024 – 13:32 WIB
Suku Bunga Acuan Naik, SBN Seri SBR013 Jadi Opsi Investasi yang Menguntungkan - JPNN.COM
Gedung Bank Indonesia (BI). Foto: ANTARA/bi.go.id/pri.

jpnn.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) tercatat menaikkan suku bunga acuan, dari yang awalnya 6 persen menjadi 6,25 persen pada akhir April 2024.

Bank Indonesia bermaksud menjaga stabilitas nilai tukar rupiah di tengah kondisi pasar keuangan global yang tidak menentu.

Selain itu, ekspektasi dari bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed), untuk menurunkan suku bunga dalam waktu dekat semakin mengecil.

Dalam kondisi seperti ini, Surat Berharga Negara (SBN) dengan tipe imbal hasil (kupon) floating with floor (mengambang dengan tingkat minimum) dianggap sebagai opsi investasi yang menguntungkan.

Hal itu lantaran ketika suku bunga BI naik, imbal hasil SBN dengan tipe ini akan ikut naik. Sementara, ketika suku bunga BI turun, imbal hasilnya tidak turun di bawah imbal hasil minimalnya.

Sebagai contoh, ST009 merupakan SBN dengan tipe kupon floating with floor yang ditawarkan pada 11-30 November 2022 silam.

Pada masa penawaran tersebut, imbal hasil awalnya adalah sebesar 6,15 persen per tahun. Seiring dengan kenaikan suku bunga BI, imbal hasil ST009 untuk periode 11 Mei-10 Agustus 2024 naik menjadi 7,55 persen per tahun. 

“Bahkan, SBR011 yang terbit di 25 Mei-16 Juni 2022 dan baru saja jatuh tempo di 10 Juni 2024, imbal hasil minimal awalnya ketika diterbitkan adalah 5,5 persen per tahun,” ucap Head of Marketing Bibit.id Angie Anandita Tjhatra dalam keterangannya, Rabu (12/6).

Dalam kondisi seperti ini, SBN dengan tipe imbal hasil (kupon) floating with floor dianggap sebagai opsi investasi yang menguntungkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close