Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sultan Diboikot 47 Raja Se-Nusantara

Adik-adiknya Juga Tak Datang

Rabu, 29 Oktober 2008 – 06:47 WIB
Sultan Diboikot 47 Raja Se-Nusantara - JPNN.COM
JOGJA - Semula agenda Pisowanan Agung bakal dihadiri 47 raja se-Nusantara. Bersama Keraton Jogjakarta, raja-raja itu tergabung dalam Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN). Namun saat acara berlangsung, raja-raja yang dikoordinasi Ketua FKSN Raja Ida Tjokorda itu justru tak tampak. Mereka tiba-tiba menghilang di detik-detik akhir menjelang acara dimulai.

Beredar informasi, para raja yang sudah menginap di Hotel Melia Purosani itu tersinggung dengan pernyataan Sultan Hamengku Buwono X. Dalam pernyataan ke media cetak dan elektronik, HB X mengaku tidak pernah mengundang 47 raja se-Nusantara tersebut. “Ya memang yang mengundang adalah panitia, bukan Ngarsa Dalem,” ungkap Ketua Merti Nusantara Meth Kusumohadi.

Direktur Satunama ini menceritakan kronologi di balik rencana kehadiran para raja tersebut. Menurut dia, lima hari lalu ketua FSKN sowan ke Keraton Kilen bertemu HB X. Sepulang dari pertemuan itu Tjokorda mengungkapkan kesannya yang luar biasa terhadap sosok HB X.

Mengutip kesan raja dari Bali itu, apa yang dibicarakan dengan HB X sudah definitif. “Yang menyatakan ini bukan hanya HB X, tapi juga para leluhurnya. Ini kesan Sang raja itu,” ujar Meth yang duduk di samping HB X dan Sukardi Rinakit.

JOGJA - Semula agenda Pisowanan Agung bakal dihadiri 47 raja se-Nusantara. Bersama Keraton Jogjakarta, raja-raja itu tergabung dalam Forum Silaturahmi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA