Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sultan Dorong Pemerintah Tingkatkan Produksi Beras Nasional

Kamis, 11 Maret 2021 – 23:21 WIB
Sultan Dorong Pemerintah Tingkatkan Produksi Beras Nasional - JPNN.COM
Sultan Najamudin. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin meminta pemerintah melalui kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan dan Bulog berkolaborasi memacu produktivitas beras nasional dengan menaikan harga beli gabah petani.

"Petani kita belum diapresiasi secara proporsional oleh negara. Padahal mereka adalah pahlawan bagi ketahanan dan kebutuhan pangan dalam negeri,” ungkap Sultan di Jakarta, Kamis (11/3).

Menurut Sultan, variabel harga sangat signifikan mempengaruhi produktifitas petani dalam meningkatkan produksi beras nasional. Petani kita rasional, mereka justru akan mengurangi produksi jika hasil jerih payahnya tidak dihargai secara adil.

“Saya kira Hal ini bisa dimulai dengan mengontrol angka importasi pangan terutama beras dan sebisa mungkin membantu petani menekan biaya produksi padi,” ujar mantan wakil Gubernur Bengkulu ini.

Kementerian perdagangan, kata Sultan, tentu bertanggung jawab dalam menahan laju impor, sambil berkoordinasi dengan kementerian Pertanian yang seharusnya mampu memberikan solusi atas tingginya biaya produksi padi petani RI yang masih terbilang tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Thailand dan Vietnam.

"Kami sangat meyakini bahwa, jika Pendapatan dan kesejahteraan petani sudah kita penuhi, maka mereka akan mendedikasikan hal yang lebih kepada negara,” tegas Sultan.

Lebih lanjut Sultan menerangkan ketergantungan pada impor sangat merugikan masa depan kedaulatan dan ketahanan pangan nasional. Ketergantungan ini akan makin terkendali jika sampai pada titik dimana petani kita kehilangan harapan dalam bertani dan hanya sedikit generasi muda yang bersedia mengabdikan dirinya di dunia pertanian.

"Pilihannya adalah apakah negara bersedia membayar mahal petaninya sendiri atau membayar mahal harga importasi kepada petani negara lain,” kata Sultan.

Sultan B Najamudin meminta pemerintah melalui kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan dan Bulog berkolaborasi memacu produktivitas beras nasional dengan menaikan harga beli gabah petani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close