Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sultan Minta Pemerintah Siapkan Paket Kebijakan untuk Hadapi Ancaman Resesi Ekonomi 2023

Jumat, 23 Desember 2022 – 08:59 WIB
Sultan Minta Pemerintah Siapkan Paket Kebijakan untuk Hadapi Ancaman Resesi Ekonomi 2023 - JPNN.COM
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin. Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin mendorong Pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk menyiapkan langkah-langkah strategis dalam menghadapi tantangan dan ancaman resesi ekonomi global di tahun depan.

Sultan menyampaikan hal itu pada Jumat (23/12/2022) untuk menanggapi langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang selalu mewanti-wanti bahwa situasi perekonomian pada tahun 2023 tidak mudah.

Jokowi, kata Sultan, menyampaikan belum ada kabar baik dari dunia sehingga semua pihak harus bersiap mengantisipasinya.

“Kita ketahui dinamika geopolitik dan geoekonomi selalu cepat dan mengahdirkan tantangan tidak mudah. Belum lagi jika ditambah dengan situasi ekonomi Nasional yang belum sepenuhnya pulih pasca-pandemi covid-19,” ungkap mantan ketua HIPMI Bengkulu itu melalui keterangan resminya pada Jumat (22/12).

Dalam situasi ekonomi Nasional yang cukup rentan dipengaruhi oleh dinamika ekonomi dan politik global ini, kata Sultan, sebaiknya Pemerintah perlu menyiapkan satu paket kebijakan ekonomi yang mampu memberikan daya tahan sekaligus menjaga momentum pertumbuhan yang positif bagi perekonomian nasional.

Sultan melihat sejauh ini kinerja ekonomi sudah cukup baik, meskipun harus diakui bahwa pada level mikro dampak inflasi bahan pangan, sarana produksi pertanian dan energi sangat memukul ekonomi masyarakat.

Dia meminta pemerintah harus mengatur jarak keterkaitan ekonomi Indonesia terhadap rantai pasok global.

Namun, Sultan optimistis pemerintah mampu menjaga momentum pemulihan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia jika memiliki resep kebijakan ekonomi yang konsen pada pengendalian inflasi, investasi, dan meningkatkan produksi dalam negeri dalam periode resesi global.

Sultan B Najamudin mendorong Pemerintahan Presiden Jokowi untuk menyiapkan paket kebijakan untuk menghadapi tantangan dan ancaman resesi ekonomi global.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close