Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sumatera Barat dan 3 Supermoon

Rabu, 08 April 2020 – 08:47 WIB
Sumatera Barat dan 3 Supermoon - JPNN.COM
BMKG sebut tahun ini terdapat tiga kali fenomena supermoon di Sumbar. Foto: Antara/Ist

jpnn.com, PADANG PANJANG - Fenomena supermoon (terjadi saat bulan berada pada titik terdekatnya dengan bumi) tahun ini bakal terjadi tiga kali di Sumatera Barat.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, Sumatera Barat, Mamuri menyebutkan ada tiga fenomena supermoon di Sumatera Barat yaitu pada 10 Maret, 8 April, dan 7 Mei 2020.

"Pada senja hari saat 7 April 2020, maka arahkanlah pandangan Anda ke langit di arah timur. Jika langit sedang cerah, akan terlihat bulatan bulan yang ukurannya cukup besar dibandingkan biasanya," ujar dia.

Menurut dia, supermoon merupakan fenomena bulan pada suatu malam sedang menuju jarak terdekatnya dari bumi.

"Makin malam ia akan semakin dekat hingga pada tengah malam 8 April 2020 saat 01.08 WIB, bulan berada di perige dengan jarak 356.910 kilometer dari bumi. Masyarakat bisa langsung menyaksikan dari rumah masing-masing jika cuaca cerah," kata dia.

Ia menyarankan masyarakat tetap mengamatinya dari rumah masing-masing saja. Karena mengingat Sumbar masih dalam kondisi darurat pandemi virus corona.

Lebih lanjut ia mengatakan pada saat tersebut, jari-jari bulan yang tampak dari bumi adalah sebesar 16,73 menit busur.

Delapan jam 27 menit kemudian bulan pun berada pada fase purnama. Karena itu, pada malam tersebut, bulannya disebut sebagai purnama perige atau dikenal juga sebagai supermoon.

BMKG menyarankan masyarakat Sumbar mengamati supermoon dari rumah masing-masing saja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close