Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Surat untuk Mahkamah Konstitusi

Jumat, 11 Juni 2010 – 00:12 WIB
Surat untuk Mahkamah Konstitusi - JPNN.COM
MAHKAMAH Konstitusi kini tekun menyidangkan berbagai sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dari daerah. Berkas, bukti dan keterangan saksi akan dipelototi. Lalu, tok-tok-tok. Perkara diputus hanya dengan mendengar seluruh keterangan yang terdengar di ruangan yang terbatas itu.

Tak hendak menggurui limau berduri. Saya ingin berkisah tentang amuk ribuan orang yang merusak tiga dari empat kantor camat dan beberapa kantor kelurahan di Sibolga (Sumatera Utara), dua hari setelah Pilkada 12 Mei lalu. Saya merasa sengketa Pilkada Kota Sibolga itu punya hubungan kausal dengan amuk massa tersebut.

Amuk massa itu sesungguhnya telah menyempal dari sejarah kota di pantai barat Sumatera Utara itu. Kota itu dulu terbentuk dengan proses akulturasi sehingga didiami berbilang etnik, agama dan turunan yang datang dari tanah Batak, Minang dan Aceh dan belakangan etnik Tionghoa, Nias, Melayu dan lainnya sejak dulu dikenal rukun dan damai.

Salah satu contohnya adalah pesta pernikahan yang beragama Kristen tak sungkan didatangi pemeluk Muslim. Di sebelah rumah pesta selalu disediakan spesial untuk tamu Muslim. Parsubang namanya. Tak ada makanan yang “haram” bagi Muslim di rumah “parsubang” itu.

 

MAHKAMAH Konstitusi kini tekun menyidangkan berbagai sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dari daerah. Berkas, bukti dan keterangan saksi akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Bersihar Lubis

    Luhut: Pasukan Khusus Sudah Dikerahkan

    Kamis, 14 Januari 2016 – 16:19 WIB
    Luhut: Pasukan Khusus Sudah Dikerahkan - JPNN.com
  • Bersihar Lubis

    Bos Selalu Terpojok

    Sabtu, 23 Juli 2011 – 00:03 WIB
    Bos Selalu Terpojok - JPNN.com
  • Bersihar Lubis

    Fiksi "Gerr" Nazaruddin

    Sabtu, 09 Juli 2011 – 00:09 WIB
    Fiksi "Gerr" Nazaruddin - JPNN.com
  • Bersihar Lubis

    Takdir Politik Era Reformasi

    Selasa, 05 Juli 2011 – 00:05 WIB
    Takdir Politik Era Reformasi - JPNN.com
X Close