Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Surga Itu Ada di Bawah Permukaan Laut

Senin, 18 Februari 2013 – 10:15 WIB
Surga Itu Ada di Bawah Permukaan Laut - JPNN.COM
Booth Wondeful Indonesia menjadi salah satu titik yang diminati pengunjung di Moskow. Foto: Don Kardono
Coba tes! Betulkah anda layak dijuluki seorang petuangan sejati? Apakah Anda sudah mendaki tujuh gunung tertinggi? Sudah menjelajah dua samodera paling berombak? Sudah menerobos hutan tropis terlebat atau hamparan gurun pasir paling ganas? Sudah merayap di stalaknit goa-goa terlicin dan paling terjal?

 

Kalau semua sudah! Coba, cek sekali lagi, apakah Anda pernah menyelam di kerajaan bawah laut? Di kedalaman 15-30 meter selama 45 menit non stop?  Apakah Anda pernah merasakan sensasi diving? Apakah pernah menggendong oksigen ke alam dalam? Apakah Anda pernah berkunjung ke negeri para hiu, paus tutul, ikan pari, nemo, dori, ekor kuning, sirip ungu, kuda laut, cumi-cumi, si kaki delapan, kura-kura, dan jutaan spesies biota laut yang unik?

Apakah Anda pernah memetakan terumbu karang, menyusuri goa laut, palung laut, dan mengabadikan warna-warga yang tak ditemukan di permukaan? Apakah Anda pernah melihat bekas-bekas kapal karam yang sudah ditumbuhi terumbu? Apakah Anda pernah menyaksikan romantisme dan percintaan binatang bersama pasangannya? Ikan bercumbu, cumi bercinta, dan salmon memadu kasih sehidup semati? Dan, setelah itu betul-betul mati?

Kalau masih banyak jawaban “belum”, Anda masih jauh dari derajad kesempurnaan seorang explorer sejati! Tapi, anda belum terlambat untuk melengkapi sisi lain, dunia lain, yang nyata. Bukan imaginasi kosong, bukan mimpi di siang bolong, dan bukan cerita fiksi. Bagi diver pemula, yang masih open water dive di kedalaman maksimal 30 meter, yang cahaya matahari masih bisa menembus, Negeri kita kaya dive spot. Ratusan, bahkan ribuan dive site di Indonesia, yang mengundang kagum orang-orang Rusia, yang menyaksikan booth Indonesia di Golden Dolphin Moscow International Festival 14-17  Februari 2013 di Gostiny Dvor, 200 meter dari Red Squere itu. Mereka kagum, dengan kejernihan air laut kita, keanekaragaman hayati dan biota laut, binatang-binatang kecil, dan warna-warni terumbu karang yang menjadi habitat hidupnya. Mereka menyebut laut Indonesia itu surganya para diver dunia. Bukan hanya destinasi utama yang sudah masuk dalam peta dive site dunia, tetapi titik-titik baru yang belum pernah di eksplorasi pecinta laut kita.

Coba tes! Betulkah anda layak dijuluki seorang petuangan sejati? Apakah Anda sudah mendaki tujuh gunung tertinggi? Sudah menjelajah dua samodera

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Opini

    Belajar dari Kemenangan Jonatan Christie

    Minggu, 28 April 2024 – 07:36 WIB
    Belajar dari Kemenangan Jonatan Christie - JPNN.com
  • Opini

    Hukum dan Etika Dalam Putusan Mahkamah Konstitusi

    Sabtu, 27 April 2024 – 20:19 WIB
    Hukum dan Etika Dalam Putusan Mahkamah Konstitusi - JPNN.com
  • Opini

    Signifikansi Seragam Sekolah, Tetap atau Berubah?

    Selasa, 16 April 2024 – 12:20 WIB
    Signifikansi Seragam Sekolah, Tetap atau Berubah? - JPNN.com
  • Opini

    Ramadan Mengisi Energi Gotong Royong

    Minggu, 07 April 2024 – 12:27 WIB
    Ramadan Mengisi Energi Gotong Royong - JPNN.com
X Close