Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei ASI: Susi Pudjiastuti dan Witjaksono Tokoh Berpengaruh di Bidang Maritim

Jumat, 24 November 2023 – 14:13 WIB
Survei ASI: Susi Pudjiastuti dan Witjaksono Tokoh Berpengaruh di Bidang Maritim - JPNN.COM
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Ketua Umum Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) Witjaksono merupakan dua nama yang menurut publik sangat berpengaruh di bidang maritim.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia (ASI) Ali Rif'an saat merilis hasil survei yang dilakukan 15 hingga 21 di Sofyan Hotel, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (23/11).

Ali Rif'an menjelaskan, Susi Pudjiastuti menjadi tokoh maritim yang paling berpengaruh dari cluster pejabat publik/mantan pejabat publik, sementara nama Witjaksono tokoh maritim yang paling berpengaruh dari kalangan akademisi/praktisi/pimpinan ormas.

Dia lantas membeberkan lima besar terkait tokoh maritim yang paling berpengaruh dari cluster pejabat publik atau mantan pejabat publik.

"Pertama, Susi Pudjiastuti 26,7 persem, disusul Luhut Binsar Pandjaitan 23 persen, Sakti Wahyu Trenggono 10,7 persen, Rokhmin Dahuri 5 persen, dan Fadel Muhammad 4,7 persen," kata Ali Rif'an.

Sementara itu, lima tokoh maritim yang paling berpengaruh dari cluster akademisi atau praktisi/pimpinan ormas adalah Witjaksono, Yadi Sofyan Noor, Riza Damanik, Bambang Haryo Soekartono, dan Hasjim Djalal.

"Pertama, Witjaksono 16,3 persen, disusul Yadi Sofyan Noor dan Riza Damanik sama-sama 10,3 persen, Bambang Haryo Soekartono 9,7 persen, dan Hasjim Djalal 7 persen," terang Ali Rif’an.

Survei ASI kali ini melibatkan 1.200 responden dari 34 provinsi di Indonesia yang diwawancarai melalui telepon, dan diperoleh melalui metode simple random sampling.

Susi Pudjiastuti dan Witjaksono dinilai menjadi tokoh yang berpengaruhi di bidang maritim berdasarkan survei Arus Survei Indonesia (ASI)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close