Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei Charta Politika: Pemilih PDIP Lebih Mendukung Ganjar Ketimbang Puan

Selasa, 14 Juni 2022 – 03:24 WIB
Survei Charta Politika: Pemilih PDIP Lebih Mendukung Ganjar Ketimbang Puan - JPNN.COM
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Dok Tim media Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Charta Politika Indonesia merilis hasil survei terkait Pilpres 2024 setelah rakernas Projo Mei 2022 lalu.

Dalam survei itu, pemilih PDIP lebih banyak mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menjadi presiden periode 2024-2029, ketimbang Ketua DPR Puan Maharani. 

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya mengatakan dalam simulasi sepuluh nama untuk Pilpres 2024, pemilih PDIP mendukung Ganjar sebanyak 68,5 persen.

Kemudian disusul Menhan Prabowo Subianto sebanyak 9,7 persen. Sedangkan yang mendukung Puan Maharani sebanyak 6,2 persen.

Dukungan kepada Ganjar dari pemilih PDIP terlepas dari kisruh antar elite partai yang dipimpin Ketua Umum Megawati Soekarnoputri tersebut.

Yunarto menyebutkan dalam survei itu juga PDIP menjadi partai yang banyak didukung oleh publik dengan elektabilitas 24,1 persen. 

"Yang jelas apapun konstelasi di elite, kita hanya menunggu apa keputusan Megawati Soekarnoputri,” kata Yunarto dalam rilis virtualnya, Senin (13/6/2022).

Pemilih PDIP juga ada yang mendukung nama lain, yakni Menparekraf Sandiaga Uno sebesar 1,7 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebesar 2,8 persen, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti, sebesar 1 persen. 

Charta Politika merilis survei terbaru terkait calon presiden yang didukung pemilih PDIP. Hasilnya, pemilih PDIP lebih banyak menduung Ganjar ketimbang Puan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close