Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei: Elektabilitas Prabowo Menurun, Berbanding Terbalik dengan Klaim Gibran

Senin, 06 November 2023 – 18:42 WIB
Survei: Elektabilitas Prabowo Menurun, Berbanding Terbalik dengan Klaim Gibran - JPNN.COM
Yunarto Wijaya. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Dalam simulasi tiga nama berdasarkan survei Charta Politika Indonesia, elektabilitas Ganjar Pranowo-Mahfud MD 36,8 persen menjadi pilihan tertinggi, di atas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 34,7 persen, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 24,3 persen.

“Dalam simulasi berpasangan, Ganjar Pranowo-Mahfud MD menjadi pilihan tertinggi, diikuti Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya, Senin (6/11).

Hal tersebut juga bersamaan dengan simulasi pasangan dua calon antara Prabowo-Gibran dengan Ganjar-Mahfud. Dalam data yang dipresentasikan oleh Yunarto, menunjukan bahwa terdapat penurunan dari 46 persen di awal Oktober menjadi 43% persen di akhir Oktober.

“Menjadi sebuah kebalikan dari apa yang dikatakan oleh Mas Gibran ketika deklarasi yang bilang untuk menenangkan Pak Prabowo, sementara dari data survei yang ada, kehadiran Gibran justru membuat elektabilitas Prabowo turun karena dinamika politik terkait MK” Ujar Yunarto.

Tambahan lainnya, menurut Yunarto, dilatarbelakangi atas putusan MK yang menyetujui batas usia capres-cawapres berusia paling rendah 40 tahun atau pernah atau sedang menduduki jabatan yang dipilih melalui pemilihan umum termasuk pemilihan kepala daerah. Keputusan itu dianggap menyalahi penyalahgunaan wewenang.

“Dari jumlah tersebut, 49,9 persen responden setuju bahwa hal tersebut merupakan penyalahgunaan wewenang untuk memudahkan putra Presiden Jokowi menjadi calon Wakil Presiden,” tutur Yunarto.

Yunarto mengatakan publik menilai Presiden Jokowi turut campur dalam keputusan Mahkamah Konstitusi terkait batasan usia calon Wakil Presiden.

Sebab, selama ini diketahui publik ada hubungan kekeluargaan yang Gibran Rakabuming merupakan keponakan dari Ketua MK Anwar Usman, hal tersebut semaking menegaskan opini terhadap politik dinasti yang dilakukan keluarga Jokowi dalam memuluskan Gibran sebagai cawapres.

Yunarto mengatakan publik menilai Presiden Jokowi turut campur dalam keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close