Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei Indikator: China Dipersepsikan sebagai Kawan Terdekat Indonesia

Rabu, 16 Oktober 2024 – 20:51 WIB
Survei Indikator: China Dipersepsikan sebagai Kawan Terdekat Indonesia - JPNN.COM
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi. Foto: Hafidz Mubarak/Antara

jpnn.com - Survei Indikator Politik Indonesia menangkap persepsi publik yang menyatakan China sebagai negara yang menjadi kawan terdekat Indonesia.

Hal itu tergambar dari survei Indikator Politik yang menanyakan kepada responden, negara manakah yang menjadi sekutu atau kawan terdekat Indonesia? Hasilnya, mayoritas responden mengatakan China.

Menurut Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, tercatat ada 20,3 persen publik yang menyebut Negara Tirai Bambu sebagai kawan terdekat Indonesia.

Angka itu jauh di atas Malaysia yang hanya 14,2 persen dan Palestina 10,4 persen, Arab Saudi 9,0 persen, bahkan hanya 7,3 persen responden yang menilai Amerika Serikat (AS) sebagai kawan terdekat RI.

Begitu pula ketika pertanyaan serupa ditanyakan kepada responden dari kalangan elite, sebanyak 27,2 persen menyebut China sebagai kawan terdekat Indonesia.

Kemudian, disusul Jepang 17,5 persen, Singapura 10,7 persen, Korea Selatan 10,7 persen dan Malaysia 9,7 persen.

"China paling banyak disebut sebagai negara yang menjadi kawan terdekat Indonesia," kata Burhanuddin saat memaparkan hasil survei Menavigasi di Antara Raksasa: Membongkar Kompleksitas Persepsi Indonesia Terhadap China dan AS, di Jakarta, Rabu (16/10/2024).

Selain itu, survei juga menemukan bahwa mayoritas masyarakat ternyata masih menaruh perhatian agar Indonesia meningkatkan kerja sama dengan China, bahkan Tiongkok menjadi negara prioritas setelah Jepang dan AS.

Survei Indikator Politik terakhir mencatat persepsi bahwa China adalah negara kawan terdekat Indonesia. Begini datanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA