Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei Indopolling: PDIP Tetap Penguasa Jakarta, PKS Salip Gerindra

Jumat, 25 November 2022 – 21:20 WIB
Survei Indopolling: PDIP Tetap Penguasa Jakarta, PKS Salip Gerindra - JPNN.COM
Pemaparan hasil survei Indopolling Network tentang elektabilitas partai politik di wilayah DKI Jakarta. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Indopolling Network memperlihatkan PDIP masih tetap partai terkuat di wilayah DKI Jakarta, sementara PKS berhasil menggeser Gerindra dari posisi kedua.

“Dari simulasi pertanyaan tertutup pilihan partai, elektabilitas PDI-P saat ini masih unggul di DKI Jakarta dengan elektabilitas sebesar 22,8 persen," ujar Direktur Riset Indopolling Network Dewi Arum Nawangwungu dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Jumat (25/11).

PDIP diikuti berurutan oleh, PKS (18,1%), Gerindra (11,2%), Nasdem (8,8%), Demokrat (6,4%), Golkar (4,8%), PPP (4,0%) dan PKB (3,7%).

Untuk elektabilitas partai-partai sisanya, semua masih di bawah 3,0 persen. "Jika dibandingkan dengan hasil pemilu 2019, yang menarik dari temuan hasil survey ini adalah adanya pergeseran posisi dukungan, dimana PKS berada di posisi kedua menggeser partai Gerindra,” ujar Arum.

Arum menjelaskan, dilihat dari sebaran dukungan wilayah, PDI-P terlihat menguasai dukungan dari wilayah: Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Jakarta Pusat.

“Sementara PKS terlihat unggul di wilayah Jakarta Selatan,” tegas Arum.

Arum melanjutkan, selain elektabilitas partai, survei juga memotret respon publik Jakarta terkait sikap mereka terhadap potensi penggunaan sarana tempat ibadah dan isu SARA dalam kampanye.

“Mayoritas publik DKI Jakarta (65,5%) menyatakan penolakannya terhadap penggunaan tempat ibadah tertentu sebagai ajang sosialisasi. Mayoritas publik (71,8%) juga menyatakan menolak penggunaan isu SARA dalam meyakinkan dukungan kepada pemilih,” ungkap dosen Ilmu politik FISIP Universitas Brawijaya tersebut.

“Penarikan sampel kami lakukan dengan metode Multistage Random Sampling selama periode 8-13 November 2022 dari populasi warga DKI Jakarta yang telah memiliki hak pilih. Adapun jumlah sampel dalam survey ini sebesar 880 responden dengan Margin of Error (MoE) sebesar + 3,4% pada tingkat kepercayaan sebesar 95%," pungkas Arum. (dil/jpnn)


Hasil survei Indopolling Network memperlihatkan PDIP masih tetap partai terkuat di wilayah DKI Jakarta, sementara PKS berhasil menggeser Gerindra dari posisi ke

Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close