Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei LKPI: Elektabilitas Jan Maringka Tempel Elly Lasut Sebagai Bacagub Sulut

Selasa, 02 Juli 2024 – 22:10 WIB
Survei LKPI: Elektabilitas Jan Maringka Tempel Elly Lasut Sebagai Bacagub Sulut - JPNN.COM
Jan Samuel Maringka sebagai salah satu bacagub Sulawesi Utara (Sulut). Foto: Dokumentasi Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) kembali mengadakan survei untuk mengetahui elektabilitas para tokoh pada Pilkada Sulawesi Utara (Sulut). Pada survei tersebut, sosok Elly Engelbert Lasut berada di posisi teratas.

Direktur Eksekutif LKPI Togu Lubis mengatakan pada survei itu diketahui ada nama mantan Jamintel Kejagung Jan Samuel Maringka yang berada di posisi kedua.

“Posisis pertama ada Elly Engelbert Lasut dengan 29,7 persen, lalu Jan Samuel Maringka 27,9 persen, Christiany Eugenia Paruntu 9,3 persen, Steven Kandouw 8,1 persen,” kata Togu dalam siaran persnya, Selasa (2/7).

Selanjutnya posisi berikutnya ada Yulius Selvanus Komaling, 4,6 persen, Tatong Bara 3,2 persen, Vicky Lumentut 2,2 persen, Carlo Tewu 2,1 persen, dan tidak memilih 12,9 persen.

Pada survei yang dilakukan kepada 1.590 responden itu juga dilakukan simulasi terbuka dan hasilnya Elly Engelbert Lasut kembali di posisi teratas dengan suara 32,7 persen.

Lalu posisi kedua ada Jan Samuel Maringka dengan suara beda tipis, yakni 31,8 persen. Selanjutnya Steven Kandouw 15,1 persen, Yulius Selvanus Komaling 6,7 persen, lalu Christiany Eugenia Paruntu 4,3 persen dan tidak memilih 9,4 persen.

Namun, untuk tingkat akseptabilitas atau penerimaan masyarakat sebagai calon gubernur Sulawesi Utara, Jan Samuel Maringka paling tinggi dengan angka 76,7 persen.

“Disusul Elly Engelbert Lasut 68,3 persen, Steven Kandouw 58,7 persen,” kata Togu Lubis.

Hasil survei terbaru dari LKPI menunjukkan Jan Samuel Maringka menempel Elly Lasut sebagai bacagub Sulut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close