Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Survei Pilkada Solo: Undecided Voters Ungguli Elektabilitas Gibran bin Jokowi

Kamis, 27 Agustus 2020 – 19:19 WIB
Survei Pilkada Solo: Undecided Voters Ungguli Elektabilitas Gibran bin Jokowi - JPNN.COM
Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. Foto : Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Elektabilitas Gibran Rakabuming Raka di bursa calon wali kota Surakarta (Solo) cukup tinggi jelang Pilkada Serentak 2020.

Hal itu merupakan temuan dalam hasil survei teranyar Indonesia Public Institute (IPI) yang bertitel Potret Dinamika Pilkada Kota Solo : Membaca Peluang Kandidat dan Perilaku Pemilih.

Direktur Eksekutif IPI Karyono Wibowo mengungkapkan, putra sulung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu memiliki elektabilitas 36,8 persen berdasar survei dengan pertanyaan terbuka atau top of mind.

"Secara spontan responden menjawab Gibran Rakabuming Raka 36,8 persen," kata Karyono dalam konferensi pers secara daring, Kamis (27/8).

Di bawah Gibran ada Achmad Purnomo yang mengantongi elektabilias 3,9 persen. Saat ini Purnomo merupakan wakil wali kota Solo.

Selanjutnya ada nama Bagyo Wahyono menempati posisi ketiga. Calon yang maju dari jalur independen itu memiliki elektabilitas 1,3 persen.

"Bagyo Wahyono yang sekarang jadi penantang Gibran mendapatkan 1,3 persen. Ini top of mind, ya," ucap Karyono.

Namun, masih ada 10,3 persen responden yang merahasiakan pilihan mereka. Sementara 45,9 persen responden belum memutuskan pilihan.