Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei PSI, Elektabilitas Nikson Nababan Paling Unggul dalam Pilgub Sumut

Senin, 05 Agustus 2024 – 11:14 WIB
Survei PSI, Elektabilitas Nikson Nababan Paling Unggul dalam Pilgub Sumut - JPNN.COM
Panel Survei Indonesia (PSI) merilis hasil survei elektabilitas dan kekuatan bakal calon Gubernur Sumatera Utara (Sumut). Ilustrasi Pilkada 2024. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Panel Survei Indonesia (PSI) merilis hasil survei elektabilitas dan kekuatan bakal calon Gubernur Sumatera Utara (Sumut).

Direktur Eksekutive PSI Mahendra Zaeni mengatakan survei itu merekam beberap kriteria calon kepala daerah yang diinginkan masyarakat.

Menurut Zaeni, sebanyak 81,6 persen masyarakat menginginkan gubernur dan wakil gubernur harus memiliki kapasitas, wawasan luas, dan kemampuan kepemimpinan yang mumpuni. 

Sebanyak 84,7 persen memilih yang memiliki moralitas atau akhlakul karimah yang merupakan pondasi dalam mengemban amanat dari masyarakat.

Selain itu, sebanyak 60,7 persen menginginkan calon kepala daerah punya kemampuan finansial.

"Kebutuhan biaya menjadi konsekuensi logis bagi calon. Biaya yang dimaksud bukan untuk menyuap masyarakat, namun untuk akomodasi kegiatan kampanye dan sosialisasi," kata Zaeni di Jakarta, Senin (5/8).

Zaeni menyebutkan survei juga menyasar tingkat popularitas (terkenal), akseptabilitas (diterima), dan elektabilitas (dipilih) bagi para bakal calon kepala daerah Sumut. 

Hasilnya, nama Nikson Nababan memiliki tingkat popularitas sebesar 82,2 persen, lalu Edy Rahmayadi memiliki tingkat popularitas mencapai 84,6 persen.

Elektabilitas Nikson Nababan paling unggul dibandingkan bakal calon gubernur lainnya di Pilgub Sumut berdasarkan survei PSI yang dilakukan pada 19-31 Juni 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA