Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei SPIN: 48 Persen Milenial dan Gen Z Dukung Prabowo-Gibran

Senin, 27 November 2023 – 21:23 WIB
Survei SPIN: 48 Persen Milenial dan Gen Z Dukung Prabowo-Gibran - JPNN.COM
Direktur Survey and Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara menyampaikan hasil survei yang dilakukan pihaknya. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Survey and Polling Indonesia (SPIN) merilis hari riset ilmiah mereka untuk memotret potensi keterpilihan tiga Capres-Cawapres yang akan bertarung di Pilpres 2024.

Survei yang dilakukan oleh SPIN tersebut dilakukan dengan rentang waktu 10 hari, yakni mulai tanggal 1-10 November 2023 dengan melibatkan 2.178 responden yang tersebar di 38 provinsi di seluruh Indonesia.

Metodologi yang digunakan adalah multistage random sampling dengan margin of error (MoE) sebesar 2,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam memotret potensi keterpilihan dari 3 (tiga) nama Capres yang muncul, Prabowo Subianto mengalami peningkatan elektabilitas pada bulan November ketimbang di bulan Oktober.

Ketika itu, tingkat elektabilitasnya adalah 39,9%. Sementara di bulan November naik menjadi 40,3%. Sehingga dalam survei ini, posisi elektabilitas Prabowo masih unggul ketimbang 2 (dua) rivalnya.

Kemudian untuk tingkat elektabilitas kedua ada Ganjar Pranowo. Walaupun masih berada di tingkat kedua, namun potensi keterpilihan Ganjar turun ketimbang bulan sebelumnya.

Di mana pada bulan Oktober, tingkat elektabilitas politisi PDIP tersebut di angka 31,1%. Sementara di bulan November anjlok ke 25,7%.

Di urutan ketiga ada Anies Baswedan. Walaupun berada di tingkat terakhir, elektabilitas Anies cenderung naik. Di mana pada bulan Oktober elektabilitas dia di angka 21,7%. Sementara pada bulan November meningkat menjadi 22,5%.

"Kontribusi Gibran terhadap pasangan calon diduga sebesar 2,7% , terbesar bila dibandingkan dua cawapres pasangan calon lainnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close