Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei TBRC: Elektabilitas Prabowo-Gibran di Atas 50%, Pilpres Berpotensi 1 Putaran

Minggu, 21 Januari 2024 – 11:54 WIB
Survei TBRC: Elektabilitas Prabowo-Gibran di Atas 50%, Pilpres Berpotensi 1 Putaran - JPNN.COM
Paslon capres dan cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengacungkan jari membentuk victory setelah memperoleh nomor urut 2. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Timur Barat Research Center (TBRC) merilis hasil survei terbaru terhadap elektabilitas para capres-cawapres pada Pemilu 2024.

Hasilnya, dalam survei itu paslon nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka beradat di posisi teratas. Hal tersebut berdasar pertanyaan terbuka kepada responden.

"Pasangan Prabowo-Gibran dipilih sebanyak 39,6 persen lalu disusul oleh Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebanyak 27,2 persen," ujar Direktur Eksekutif TBRC, Johanes Romeo dalam siaran persnya, Minggu (21/1).

Lalu di posisi terakhir ada pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang dipilih sebanyak 16,1 persen dan yang tidak menjawab sebanyak 17,1 persen.

Kemudian dalam pertanyaan tertutup kepada 1.984 responden, hasilnya pasangan Prabowo-Gibran mendapat dukungan sebesar 50,2 persen. Di posisi kedua ada Ganjar-Mahfud dengan dukungan 28,8 persen dan Anies-Cak Imin 17,2 persen serta tidak menjawab 3,8 persen.

"Dalam survei ini juga diukur persepsi masyarakat untuk menilai kinerja pemerintahan dan jawaban dari 1.984 responden sebanyak 78,1 persen puas dengan kinerja Presiden Jokowi serta sebanyak 17,6 persen tidak puas," ujar Johanes.

Menurut Johanes, tingginya tingkat keterpilihan Prabowo-Gibran yang melebihi 50 persen pada pertanyaan tertutup memiliki hubungan dengan visi misi yang dikampanyekan oleh paslon yang akan melanjutkan program program Jokowi jika terpilih.

"Dan dari hasil survei ini menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran akan memenangi Pilpres 2024 dengan satu putaran," ujarnya.

Hasil survei TBRC menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran yang sudah berada di atas 50 persen dan Pilpres 2024 berpotensi satu putaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close