Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei Terbaru DSI: Elektabilitas Prabowo-Gibran Masih Paling Tinggi

Sabtu, 03 Februari 2024 – 01:16 WIB
Survei Terbaru DSI: Elektabilitas Prabowo-Gibran Masih Paling Tinggi - JPNN.COM
Capres-cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Dinamika Survei Indonesia (DSI) merilis hasil jajak pendapat terbaru untuk mengukur elektabilitas para capres-cawapres jelang Pemilu 2024.

Hasilnya, pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka makin jauh mengungguli pesaingnya, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Direktur DSI Alvian Septiansyah menyebut survei kali ini dilakukan pada 15 - 27 Januari 2024 dan tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Survei itu melibatkan 1.880 responden yang diambil secara acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin error 2,21 persen dan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

"Responden ditanyai siapa presiden yang akan dipilih jika pilpres diadakan saat ini. Sebanyak 52,1 persen publik mengaku akan memilih Prabowo-Gibran sementara Ganjar-Mahfud dipilih sebanyak 30,7 persen dan Anies-Cak Imin hanya mendapatkan simpati sebesar 11,3 persen dan tidak memilih 5,9 persen," kata Alvian dalam keterangan tertulis, Jumat (2/2).

Dari penilitian ini ditemukan adanya anomali sosial yang terjadi di masyarakat khusus pada pemilih muda berusia 17 hingga 35 tahun yang dalam penelitian ini jumlahnya mencapai 58,9 persen.

Para pemilih muda berpendapat bahwa lembaga-lembaga ekonomi dan politik di Indonesia tidak memberikan dampak yang positif untuk mereka dan mereka tidak mempercayai kekuatan dan kemampuan dari pemerintaham Jokowi untuk memperbaiki keadaan perekonomian.

"Survei menemukan bahwa sebanyak 89,3 persen para pemilih muda di Indonesia sangat khawatir tentang akses terhadap penguasaan perekonomian yang lebih menguntungkan kelompok kaya dan korporasi di lingkaran kekuasaan saja," kata dia.

Hasil survei terbaru dari lembaga DSI memperlihatkan elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran masih yang tertinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close