Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sutradara Ginting Raih Ribuan Suara

Rabu, 15 April 2009 – 17:03 WIB
Sutradara Ginting Raih Ribuan Suara - JPNN.COM
Suasana pemakaman Sutradara Ginting beberapa waktu lalu. Foto: Internet.
JAKARTA - Rupanya, fenomena caleg yang sudah meninggal masih mendapat suara juga terjadi di Dapil Banten 3, yang meliputi Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang. Selain mantan Ketua DPRD Sumut Abdul Aziz Angkat yang masih mendapat suara, hal yang sama juga dialami Sutradara Ginting. Sutradara merupakan caleg DPR RI nomor urut satu dari PDI Perjuangan di Dapil Banten 3.

Kasus Sutradara ini tergolong luar biasa, lantaran masih ada 1.600 pemilih yang mencontreng namanya. Perolehan politisi yang meninggal akibat sakit jantung ini menempati urutan kedua di daftar caleg PDIP dapil tersebut. Selisihnya dengan caleg PDIP peraih suara tertinggi, yakni Malawati, hanya puluhan suara saja.

Pada penghitungan suara di tingkat TPS, 9 April lalu, pencontrengan nama alumni Fisipol UGM ini sempat menjadi bahan perdebatan antara petugas KPPS dengan para saksi. Contohnya di TPS 32 Batu Ceper, Banten. Sebagian menghendaki suara Sutradara langsung dioper masuk ke suara PDIP, namun sebagian lagi menghendaki tetap dicatat sebagai suara politisi senior PDIP itu.

Namun akhirnya disepakati, hasilnya cukup dicatat sebagai suara Sutradara, sementara urusan hasil akhir nanti dilimpahkan sebagai suara partai biar dihitung petugas di tingkat KPU. Hal seperti ini, berdasar informasi yang dihimpun JPNN, juga terjadi di banyak TPS yang lain. Hal ini yang barangkali menyebabkan perolehan suara Sutradara tetap tercatat di formulir rekapitulasi penghitungan suara dan masuk ke data tabulasi KPU.

JAKARTA - Rupanya, fenomena caleg yang sudah meninggal masih mendapat suara juga terjadi di Dapil Banten 3, yang meliputi Kota Tangerang dan Kabupaten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close