Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Swab Test COVID-19 untuk Guru dan Tenaga Kependidikan Ditunda

Rabu, 23 Desember 2020 – 02:25 WIB
Swab Test COVID-19 untuk Guru dan Tenaga Kependidikan Ditunda - JPNN.COM
Petugas mengambil sample dari wartawan saat pemeriksaan swab test gratis di Kantor Dewan Pers, Jakarta, beberapa waktu lalu. Foto/Ilustrasi swab: Ricardo/JPNN

jpnn.com, TEMANGGUNG - Pelaksanaan swab test atau tes usap COVID-19 untuk para guru dan tenaga kependidikan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah ditunda lantaran laboratorium yang ada kelebihan sampel pengujian.

"Semua laboratorium di Jawa Tengah saat ini overload, sehingga kalau dipaksakan sekarang menunggu hasilnya terlalu lama, maka lebih baik kita tunda," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Khabib Mualim di Temanggung, Selasa (22/12).

Keputusan itu juga diambil setelah adanya surat edaran Gubernur Jateng yang memutuskan penundaan dimulainya pembelajaran tatap muka di sekolah hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Sehingga kami menunda pelaksanaan swab (test) bagi para guru dan akan menunggu instruksi dari gubernur supaya nanti kita sesuaikan di daerah," jelas Khabib.

Penundaan pelaksanaan swab test ini hanya diberlakukan bagi guru dan tenaga kependidikan saja. Sedangkan untuk warga yang kontak erat dengan pasien positif maupun suspect tetap jalan seperti biasa.

Menurut Khabib, swab test COVID-19 untuk para guru dan tenaga kependidikan yang telah terjadwal pada pekan ini tetap dilakukan.

"Yang sudah terjadwal pada minggu ini masih diteruskan karena terlanjur berjanji, sedangkan yang belum terjadwal minggu ini kami tunda pelaksanaannya," ucap Khabib.

Berdasarkan data Dinkes Temanggung, dari sekitar 9.000 guru dan tenaga kependidikan yang harus melakukan swab test, sampai pekan ini yang melakukan tes sekitar 1.000 sampai 1.200 orang.

Pemkab Temanggung menunda swab test bagi guru dan tenaga kependidikan karena pembelajaran tatap muka di sekolah juga ditunda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close