Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Syarief Hasan Soroti Alih Fungsi Lahan Pertanian, Pemerintah Diminta Ingat Hal Ini

Rabu, 05 Mei 2021 – 10:45 WIB
Syarief Hasan Soroti Alih Fungsi Lahan Pertanian, Pemerintah Diminta Ingat Hal Ini - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Syarief Hasan memperingatkan pemerintah untuk lebih berhati-hati dalam pengelolaan lahan pertanian di Indonesia. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Syarief Hasan memperingatkan pemerintah untuk lebih berhati-hati dalam pengelolaan lahan pertanian di Indonesia.

Pasalnya, lahan pertanian dari tahun ke tahun mengalami pengurangan luasan yang signifikan dan berpotensi mempengaruhi pangan di Indonesia.

Menukil data Badan Pertanahan Nasional Syarief menyebutkan terjadi pengurangan luasan lahan pertanian yang cukup besar. Lahan pertanian di Indonesia berkurang hingga 287 ribu hektar selama tujuh tahun terakhir sehingga menjadi kendala dalam mencukupi kebutuhan pangan nasional.

Syarief Hasan menilai, hal ini dikarenakan kurangnya pemberian pemahaman kepada masyarakat dalam menjalankan aturan tentang perlindungan tanah pertanian berkelanjutan.

“Pemerintah harusnya memasifkan komunikasi dengan masyarakat sehingga meminimalisir alih fungsi lahan pertanian," ungkap Syarief Hasan.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini juga mengungkapkan, kebanyakan lahan pertanian dialihfungsikan menjadi perumahan-perumahan di daerah-daerah. “Kalau kita berkunjung ke daerah-daerah, perumahan-perumahan yang baru bermunculan sebagian besar dulunya adalah lahan pertanian," katanya.

Menurut Syarief Hasan, pemerintah harus mempertimbangkan pemberian izin pembangunan perumahan-perumahan yang dialihfungsikan dari lahan pertanian.

“Hal ini penting untuk meminimalisir pengalihfungsian lahan pertanian menjadi perumahan-perumahan," ujarnya.