Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pakar Ingatkan Bahaya Alih Fungsi Lahan terhadap Masa Depan Pertanian

Rabu, 21 Juni 2023 – 17:43 WIB
Pakar Ingatkan Bahaya Alih Fungsi Lahan terhadap Masa Depan Pertanian - JPNN.COM
Ilustrasi-Lahan pertanian tembakau di Temanggung. ANTARA/Heru Suyitno

jpnn.com, JAKARTA - Alih fungsi lahan pertanian merupakan ancaman terhadap produksi serta ketersediaan pangan di masa depan.

Pergeseran fungsi lahan yang awalnya diperuntukkan untuk bercocok tanam berubah menjadi pengembangan perumahan, industri, atau infrastruktur dapat mengakibatkan hilangnya lahan pertanian yang subur.

Alih fungsi lahan juga dapat mengganggu keseimbangan ekosistem dan mengurangi keanekaragaman hayati, sehingga mengancam keberlanjutan lingkungan.

Pengamat pertanian dari Universitas Brawijaya (UB), Sujarwo mengatakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi pergeseran penggunaan sumberdaya lahan pertanian.

Contohnya, efek permintaan dari non pertanian yang berkembang jauh lebih cepat.

"Selama pandemi, sektor lain pertumbuhannya (alih fungsi lahan) negatif dan pertanian tercatat tumbuh positif, tetapi dalam catatan data nasional saat kondisi normal pertumbuhan sektor non-pertanian di atas pertumbuhan pertanian," ungkapnya kepada media, Selasa (20/6).

Menurut Sujarwo, keuntungan dari segi ekonomi jika lahan pertanian tidak dilindungi justru akan semakin membuat petani merugi.

Dalam kondisi tersebut, lanjut Sujarwo, petani sulit untuk mempertahankan lahan untuk produksi, sehingga kecenderungannya akan berpeluang menjual lahannya.

Pengamat pertanian dari Universitas Brawijaya (UB), Sujarwo mengatakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi pergeseran penggunaan sumber daya lahan pertanian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close