Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Syarief Hasan Tekankan Pentingnya Diversifikasi Produk untuk Genjot Ekspor Pertanian

Selasa, 14 Mei 2024 – 10:06 WIB
Syarief Hasan Tekankan Pentingnya Diversifikasi Produk untuk Genjot Ekspor Pertanian - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan (tengah) saat melakukan kunjungan kerja di Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan Dirjen Tanaman Pangan (BBPOPT) Kementerian Pertanian, Karawang, Jawa Barat, Senin (13/5). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, KARAWANG - Wakil Ketua MPR Prof Sjarifuddin Hasan atau Syarief Hasan mendukung sebesar-besarnya upaya peningkatan ekspor berbagai produk pertanian, terutama buah-buahan segar dari Indonesia ke berbagai negara.

Menurutnya, salah satu upaya untuk meningkatkan ekspor adalah dengan diversifikasi produk.

Hal tersebut disampaikannya setelah melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan Dirjen Tanaman Pangan (BBPOPT) Kementerian Pertanian, Karawang, Jawa Barat, Senin (13/5).

"Upaya ini mampu mengembangkan usaha dan mendapatkan keuntungan lebih dengan cara memperluas pasar melalui penyediaan produk yang bervariasi," kata Syarief Hasan dalam keterangan tertulis, Selasa (14/5).

Lebih jauh pimpinan MPR dari Partai Demokrat ini menyampaikan peningkatan ekspor komoditas pertanian, efek dominonya sangat luas, yakni kesejahteraan dan daya beli petani meningkat.

"Namun, memang ekspor produk pertanian apalagi ke negara maju seperti Jepang memerlukan kualifikasi kualitas yang sangat ketat yang harus diperhatikan betul oleh pemerintah," ujarnya.

Dikatakan Syarief Hasan, harus diakui ada kendala yang menyebabkan beberapa komoditas produk pertanian seperti buah mangga masih sulit menembus pasar global.

Namun, dari penjelasan BBPOPT dan Ditjen Holtikultura Kementan, mereka sudah berupaya keras dan masih terus berupaya agar produk pertanian Indonesia bisa diterima pasar ekspor global.

Wakil Ketua MPR Syarief Hasan mendukung upaya peningkatan ekspor berbagai produk pertanian, salah satunya melalui diversifikasi produk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close