Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tahan Bantuan untuk Israel, Joe Biden 'Dihajar' DPR Amerika

Jumat, 17 Mei 2024 – 22:35 WIB
Tahan Bantuan untuk Israel, Joe Biden 'Dihajar' DPR Amerika - JPNN.COM
Arsip foto - Presiden Amerika Serikat Joe Biden tiba di lokasi KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022). (ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Akbar Nugroho Gumay/nym.)

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat mengesahkan Rancangan Undang-Undang Dukungan Bantuan Keamanan Israel pada Kamis, yang dirancang untuk menekan Presiden Joe Biden agar mengirimkan senjata ke Israel.

Keputusan tersebut disetujui dengan suara 224 berbanding 187 dan diperkirakan akan diajukan ke Senat, di mana para pemimpin partai bersumpah untuk tidak mempertimbangkannya sama sekali.

RUU yang dipimpin Partai Republik tersebut muncul setelah Biden mengatakan kepada CNN minggu lalu bahwa dia menangguhkan pengiriman senjata ke Israel di tengah kekhawatiran mengenai serangan ke kota Rafah, Gaza selatan, di mana 1,5 juta pengungsi Palestina mencari perlindungan dari serangan Israel.

RUU tersebut menetapkan bahwa dana federal tidak boleh digunakan untuk menahan, menghentikan, membalikkan atau membatalkan pengiriman barang-barang pertahanan atau layanan pertahanan ke Israel.

Selain itu, dana tersebut tidak boleh digunakan untuk membayar gaji pegawai Pentagon atau Departemen Luar Negeri yang bertindak membatasi pengiriman pertahanan ke Israel.

Sebelumnya pada hari itu, Ketua DPR Mike Johnson mendesak Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer untuk membawa undang-undang tersebut ke Senat untuk pemungutan suara.

Johnson juga mengkritik Biden karena tidak membela Israel meskipun AS menyatakan "dukungan kuat" untuk Tel Aviv dan menuntut penghapusan kelompok perlawanan Palestina, Hamas.

"Sekarang jelas bahwa Biden dan Schumer tak lagi membela Israel," tambahnya.

DPR Amerika Serikat mengesahkan RUU yang dirancang untuk menekan Presiden Joe Biden agar mengirimkan senjata ke Israel

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close