Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Taiwan-Tiongkok Buka Lembaran Sejarah Baru

Perundingan Sepakati Buka Jalur Udara

Rabu, 05 November 2008 – 09:55 WIB
Taiwan-Tiongkok Buka Lembaran Sejarah Baru - JPNN.COM
Foto : REUTERS/Nicky Loh
TAIPEI - Enam dekade perang dingin Taiwan-Tiongkok akhirnya mencair. Juru runding dua negara itu Selasa (4/11) saling bertatap muka untuk kali pertama. Pertemuan tersebut cukup berhasil dengan ditandatanganinya perjanjian penerbangan langsung yang menghubungkan wilayah kedua negara. Serangkaian perjanjian penting lain menanti, setidaknya total 13 macam.

Demi menjaga kemesraan yang sedang bersemi itu, Taiwan harus mengabaikan gelombang protes warganya yang menentang kebijakan tersebut. Kedua delegasi negosiator menjadwalkan pertemuan kembali pada awal 2009.

Dalam peristiwa bersejarah tersebut, rombongan Tiongkok dipimpin oleh Chen Yunlin, sedangkan Taiwan diwakili Chiang Pin-kung. Begitu berkas perjanjian kerja sama selesai diteken, Chen terlihat lega. Senyum tersungging di bibirnya. Lantas, dia menjabat erat tangan Chiang.

Sebelumnya, selama kurun waktu 60-an tahun, Taiwan melarang keras penerbangan langsung maupun pengiriman barang dari dan ke Tiongkok. Larangan itu disebabkan Taiwan khawatir Tiongkok bisa saja sewaktu-waktu menyerang dengan bomber atau kapal perang.

TAIPEI - Enam dekade perang dingin Taiwan-Tiongkok akhirnya mencair. Juru runding dua negara itu Selasa (4/11) saling bertatap muka untuk kali pertama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA