Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Tak Ada Jabat Tangan untuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Usai Dilantik di Istana

Rabu, 27 Januari 2021 – 15:57 WIB
Tak Ada Jabat Tangan untuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Usai Dilantik di Istana - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat kepada Jenderal Sigit Listyo Prabowo yang baru saja dilantik menjadi Kapolri pengganti Idham Azis di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (27/1). Foto: Biro Pers dan Media Istana Kepresidenan

jpnn.com, JAKARTA - Pelantikan Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (27/1) dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid-19.

Penerapan protokol kesehatan itu terlihat dari penggunaan masker dan penerapan jarak antar-individu. Praktis, tidak ada jabat tangan sebagai bentuk ucapan selamat kepada alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 yang kini memimpin Polri itu.

Setelah Sigit mengucap sumpah jabatan dan menandatangani berita acara pelantikan Kapolri, pembawa acara mempersilakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menyampaikan ucapan selamat kepada polisi kelahiran 5 Mei 1969 itu.

Jokowi terlihat hanya menganggukkan kepalanya di hadapan Sigit yang menghormat. Adapun Kiai Ma'ruf mengatupkan kedua tangannya di hadapan Sigit yang didampingi istrinya, Juliati Sapta Dewi Magdalena alias Diana Sigit itu.

Selanjutnya Presiden Jokowi, Waprs Ma'ruf serta Sigit dan Diana berpose bersama. Sigit berdiri di sisi paling kanan, kemudian ada Presiden Jokowi, Kiai Ma'ruf, serta Juliati.

Di antara Sigit, Presiden Jokowi, Kiai Ma'ruf dan Diana ada jarak sekitar 1,5 meter. Setelah sesi pemotretan selesai, Presiden Jokowi dan Kiai Ma'ruf meninggalkan ruangan pelantikan.

Sigit dan Diana masih tetap berdiri di tempatnya untuk menerima ucapan selamat. Kemudian satu per satu pejabat memberikan ucapan selamat, antara lain Ketua DPR Puan Maharani, Mensesneg Pratikno, Menko Polhukam Moh Mahfud MD, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Ketua KPK Firli Bahuri, serta para menteri lainnya.

Namun, ucapan selamat itu pun tanpa jabat tangan. Sebab, di antara pemberi ucapan selamat hanya mengatupkan kedua tangan di depan dada, salam komando, ataupun salaman sikut.(tan/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?