Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tak Ada Peluang Kudeta Bagi Tentara

Kamis, 08 Maret 2012 – 16:25 WIB
Tak Ada Peluang Kudeta Bagi Tentara - JPNN.COM
JAKARTA - Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Wiranto, menyatakan bahwa dalam sistem ketatanegaraan Indonesia tidak memungkinkan tentara melakukan kudeta. Pasalnya, konstitusi menempatkan Presiden RI sebagai kepala negara sekaligus sebagai Panglima Tertinggi TNI.

"Jadi, tidak akan pernah ada yang namanya kudeta di Indonesia," kata Wiranto, dalam diskusi bertema 'Menolak Kenaikan BBM = Makar', di press room DPR, gedung Nusantara III, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (8/3).

Satu-satunya peluang untuk kudeta, lanjut Wiranto, hanya ada di tangan sipil. Syaratnya, sipil yang menjadi oposisi dan benar-benar mampu berhadap-hadapan secara terbuka dengan pemerintah. Sayangnya, oposisi yang mampu berhadap-hadapan secara terbuka dengan pemerintah itu tidak ada.

"Beda halnya dengan Vietnam, Thailand dan Republik Persatuan Myanmar dimana pemerintahannya sangat mudah dikudeta oleh kekuatan militer," ungkap Wiranto.

JAKARTA - Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Wiranto, menyatakan bahwa dalam sistem ketatanegaraan Indonesia tidak memungkinkan tentara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA