Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tak Ada Pilot, Garuda Delay 2,5 Jam

Selasa, 29 Desember 2009 – 20:01 WIB
Tak Ada Pilot, Garuda Delay 2,5 Jam - JPNN.COM
JAKARTA – Pelayanan penumpang secara tidak profesional kembali terjadi di Bandara Cengkareng, Selasa 29 Desember. Kali ini menimpa penumpang Garuda Indonesia tujuan Makassar yang harus tertunda penerbangannya hingga 2,5 jam. Akibat penundaan penerbangan tersebut, penumpang sangat dirugikan. Sebab, waktunya tersita banyak gara-gara terlalu lama ditunda.

Salah seorang penumpang yang merasa paling dirugikan adalah Abun Sanda. Mantan wartawan Fajar ini sedianya berceramah di hadapan para kru Harian Fajar, pada Selasa pukul 16.00 WITA. Namun, gara-gara penundaan penerbangan tersebut, ia tak bisa lagi menjadi narasumber pada acara yang sangat penting itu. Abun menjelaskan, sesuai jadwal, harusnya pesawat dengan nomor penerbangan GA 610 itu sudah boarding pada 11.40 WIB. Dengan demikian, setidaknya pesawat sudah take off pada pukul 12.00 WIB. Nyatanya, baru boarding pada 14.10 WIB, sehingga baru take off pada pukul 14.30 WIB. “Jadi kurang lebih 2,5 jam tertunda. Ini sangat merugikan, karena bagi kami, waktu itu sangat berharga,” protesnya seperti disampaikan ke JPNN.

Saat penundaan, beberapa kali memang diumumkan. Akan tetapi, kata dia, itu bukan jawaban atas permasalahan. Apalagi, kata dia, setelah cek per cek, ternyata pilot yang tidak ada. Padahal, penumpang sudah menunggu lama di ruang tunggu. Demikian juga awak kabin sudah menunggu di pesawat. “Saya lalu tanya-tanya, apa sebenarnya yang terjadi. Rupanya pilotnya belum datang. Sungguh keterlaluan,” katanya.

Abun menegaskan, ia datang ke Makassar hanya untuk ketemu kru Fajar sekitar dua jam. Setelah itu istirahat dan makan malam. Tapi karena penundaan itu, tujuan utama ke Makassar jadi tidak bisa terlaksana. “Seharusnya Garuda punya pilot cadangan, sehingga ketika satu berhalangan, ada yang bisa mengganti, jangan merugikan penumpang,” katanya.

JAKARTA – Pelayanan penumpang secara tidak profesional kembali terjadi di Bandara Cengkareng, Selasa 29 Desember. Kali ini menimpa penumpang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA