Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tak Ada WNI Korban Banjir di Brazil-Australia

Pemerintah RI Terus Pantau Keadaan dan Tingkatkan Koordinasi

Jumat, 21 Januari 2011 – 13:29 WIB
Tak Ada WNI Korban Banjir di Brazil-Australia - JPNN.COM
JAKARTA - Bencana banjir yang saat ini menimpa sejumlah negara, antara lain seperti yang terjadi di Australia dan Brazil, membuat pemerintah RI pun meningkatkan kewaspadaan, sekaligus koordinasi dan pemantauan atas keberadaan dan keselamatan warganya (WNI) di masing-masing negara. Untuk Brazil misalnya, dengan korban tewas yang dilaporkan sudah ratusan orang, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menyebutkan bahwa sejauh ini tak ada WNI di sana yang ikut menjadi korban.

"Sejauh ini dari Brazil, kita tidak ada mendapat laporan adanya korban dari WNI. Kendati begitu, koordinasi dan pemantauan terus kita lakukan, bersamaan dengan upaya-upaya kerjasama penyelamatan (bencana)," ungkap Michael Tene, juru bicara Kemlu, dalam agenda press briefing di kantor Kemlu, Pejambon, Jakarta, Jumat (21/1).

Sementara untuk Asutralia, seperti dipaparkan Michael lagi, pemerintah juga mencatat sejauh ini tidak ada korban dari WNI. Meski demikian, dengan cukup banyaknya warga negara Indonesia yang ada di sana, terutama di Brisbane dan sekitarnya, dampak bencana alam banjir tersebut tentunya ikut terasakan oleh sebagian di antaranya. Setidaknya, mereka yang terkena dampak juga harus mengungsi atau dievakuasi dari lokasi banjir yang sejauh ini dilaporkan masih lumayan parah.

"Sehubungan dengan itu, kita saat ini sudah memiliki jaringan (komunikasi) hotline, terutama untuk kebutuhan keluarga-keluarga atau warga negara kita, yang ingin mengetahui keadaan keluarganya di sana, atau sebaliknya, bagi mereka yang di sana (Australia) perlu mengabarkan kondisi mereka ke tanah air. Itu antara lain yang sudah kita siapkan, selain juga bantuan-bantuan lainnya (termasuk koordinasi penyelamatan dan penampungan)," papar Michael.

JAKARTA - Bencana banjir yang saat ini menimpa sejumlah negara, antara lain seperti yang terjadi di Australia dan Brazil, membuat pemerintah RI pun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close