Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tak Nyaman karena Diintip Google Earth

Sabtu, 20 Desember 2008 – 09:34 WIB
Tak Nyaman karena Diintip Google Earth - JPNN.COM
TOKYO - Kendati banyak yang merasa terbantu oleh Google Earth, ternyata aplikasi pemetaan visual itu membuat sejumlah pihak tidak nyaman. Misalnya, sekelompok pengacara dan profesor Jepang yang pada hari Jumat (19/12) menggugat Google.

Mereka merasa aplikasi laris Google tersebut terlalu jauh melanggar privacy negaranya. Terutama, yang berkaitan dengan pemetaan. "Menurut dugaan kami, Google telah melakukan pelanggaran serius terhadap hak asasi manusia," kata Yasuhiko Tajima, dosen ilmu konstitusi di Sophia University, Tokyo, seperti dikutip Reuters.

Gugatan tersebut dilayangkan kemarin setelah Google Earth menayangkan detail jalanan 12 kota besar di Jepang. Dalam tampilan visual 360 derajat yang bisa diakses siapa saja itu, Google Earth memperlihatkan gambar detail lokasi tersebut persis aslinya. Jika ingin lebih rinci, pengguna internet bisa mengklik Street View. Memanfaatkan jasa satelit, lewat cara itu, Google bisa menampilkan denah lokasi-lokasi penting di kota bersangkutan.

Aktivitas yang sedang terjadi saat itu di lokasi dimaksud pun bisa ditayangkan. Seperti seorang perempuan yang ditayangkan sedang berjemur atau pria San Fransisco yang terlihat sedang meninggalkan sebuah kelab malam. Beberapa tayangan aktivitas pribadi sejumlah warga Tokyo juga sempat muncul di internet dan memicu protes masyarakat.

TOKYO - Kendati banyak yang merasa terbantu oleh Google Earth, ternyata aplikasi pemetaan visual itu membuat sejumlah pihak tidak nyaman. Misalnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close