Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tak Terbukti Korupsi, Ade Irawan Bisa Jadi Bupati Sumedang Lagi

Sabtu, 27 Agustus 2016 – 14:43 WIB
Tak Terbukti Korupsi, Ade Irawan Bisa Jadi Bupati Sumedang Lagi - JPNN.COM
Mantan Bupati Sumedang Ade Irawan. Foto: dok jpnn

jpnn.com - BANDUNG - Mahkamah Agung telah menyatakan mantan Bupati Sumedang Ade Irawan tidak bersalah dalam kasus korupsi perjalanan dinas. Karena itu, dia seharusnya segera dikembalikan ke jabatannya sebagai orang nomor satu di pemerintahan Sumedang.

Pakar hukum dan tata negara dari Universitas Katolik Parahyangan Bandung Asep Warlan Yusuf menilai, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo harusnya segera mencabut surat pemberhentian Ade Irawan. Selanjutnya, Mendagri mengembalikan Eka Setiawan sebagai wakil bupati Sumedang.

"Hasil PK dia tidak bersalah tuh, proses penyidikan sudah hapus. Jadi Mendagri harusnya mencabut kembali (SK Pemberhentian) kalau mau fair," kata Asep saat dihubungi, Jumat (27/8).

Sebagai negara hukum, harusnya semua pihak bisa menerima jika Ade dikembalikan ke kursi Sumedang 1. Karenanya, pemerintah tidak perlu ragu-ragu dalam membuat keputusan.

Asep pun mengatakan, Ade tidak perlu sampai menggugat Kemendagri untuk memperjuangkan jabatannya. Pasalnya, ada prosedur lebih sederhana yang bisa ditempuhnya. 

"Jadi Pak Ade sebaiknya menyurati Presiden dengan melampirkan putusan PK dari MA. Bahwa dia tidak bersalah. Terus nanti Mendagri mencabut SK sebelumnya, mengembalikan Pak Eka Setiawan menjadi wakil Bupati lagi. Secara undang-undang seperti itu. Kalau kita menghormati hukum," ujar Asep. (agp/dil/jpnn)

BANDUNG - Mahkamah Agung telah menyatakan mantan Bupati Sumedang Ade Irawan tidak bersalah dalam kasus korupsi perjalanan dinas. Karena itu, dia

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close