Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tambah Angkutan Barang, KALOG Express Percepat Waktu Tempuh Pengiriman

Kamis, 29 Agustus 2024 – 16:56 WIB
Tambah Angkutan Barang, KALOG Express Percepat Waktu Tempuh Pengiriman - JPNN.COM
Kurir KAI Logistik (Ilustrasi). Foto dok KAI Logistik

jpnn.com, JAKARTA - KAI Logistik, anak usaha KAI melakukan percepatan waktu tempuh pengiriman khususnya ke wilayah timur Jawa melalui pengelolaan KA Bagasi pada KA Blambangan.

Hadirnya inovasi penambahan angkutan barang menggunakan moda KA Blambangan bisa mempercepat proses pengiriman barang retail dari Jakarta ke Banyuwangi.

Bila sebelumnya waktu pengiriman dari Stasiun Pasar Senen hingga ke Stasiun Ketapang maupun sebaliknya membutuhkan waktu 2-3 hari, kini dapat dilakukan dalam waktu kurang dari 24 jam.

“Penambahan pola operasi melalui pemanfaatan KA Blambangan merupakan langkah strategis KAI Logistik melalui KALOG Express dalam upaya memperluas bisnis retail dan tentunya meningkatan kualitas layanan kepada pelanggan. Melalui langkah strategis ini, KALOG Express dapat memenuhi kebutuhan pengiriman barang retail milik pelanggan dari Jakarta hingga ke area timur Jawa maupun sebaliknya dengan waktu lebih cepat dan efisien," ujar Fredi Firmansyah, Direktur Utama KAI Logistik.

Pengiriman barang melalui KA Blambangan ini dapat mengakomodir kebutuhan pengiriman pelanggan setiap harinya dari dan ke daerah lintas utara, di antaranya  Jakarta, Bekasi, Karawang, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang.

Kemudian Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Lamongan, Surabaya, Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Probolinggo, Klakah, Tanggul, Rambipuji, Jember, Kalisetail, Rogojampi, Banyuwangi, dan hingga ke Ketapang.

Tak hanya berdampak positif bagi pengiriman hingga ke Ketapang dalam waktu 24 jam, melalui pola operasi ini juga mempercepat arus distribusi ke Pulau Bali dengan waktu pengiriman 1-2 hari yang sebelumnya membutuhkan 2-3 hari.

“Inisiatif ini selaras dengan upaya kami dalam mendukung program logistik nasional, khususnya untuk mendorong dan mengakomodir percepatan proses distribusi logistik pengiriman barang dari dan ke wilayah timur guna memperkuat jaringan logistik nasional," tutur Fredi.

KAI Logistik, anak usaha KAI, terus berkomitmen untuk dapat mendukung program pemerintah dalam pengembangan dan percepatan sektor logistik di tanah air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA