Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tambang Emas di Wilayah Tahura

Minggu, 11 April 2010 – 09:31 WIB
Tambang Emas di Wilayah Tahura - JPNN.COM
PALU-  Kepala UPTD Taman Hutan Raya (Tahura) menyurati Walikota Palu untuk melaporkan aktivitas pertambangan emas yang masuk dalam kawasan Tahura tersebut. Dalam surat bernomor 543/04.32/THR/III/2010 tersebut, Walikota Palu diingatkan bahwa tidak dibenarkan pengeluaran izin pertambangan rakyat pada kawasan konservasi Tahura. Selain itu, UPTD Tahura meminta aktivitas penambangan emas di kawasan Tahura itu segera dihentikan.

Terungkapnya status wilayah tambang rakyat tersebut, bermula dari kekhawatiran Lurah Poboya Aris SE, yang merasa ragu mengeluarkan izin keterangan usaha bagi penambang. Saat itu, Aris yang ditemui Jumat kemarin, mengaku waswas, jika surat yang akan diterbitkannya, bakal berbenturan dengan aturan hukum yang lebih tinggi.

“Saya sengaja belum mengeluarkan surat keterangan usaha, karena bisa jadi bumerang bagi saya selaku orang yang berwenang mengeluarkan izin tempat usaha. Apa yang menjadi kehati-hatian saya sebelumnya kini terbukti, bahwa ternyata areal pertambangan tempat pengambilan material tambang, merupakan areal Tahura. Dan sesuai dengan perkiraan saya, lokasi tambang, seratus persen lokasi Tahura,” jelasnya.

Aris mengaku berada dalam posisi dilematis. Katanya, di satu sisi tak ingin melanggar peraturan, sementara di sisi lain, sesuatu yang mustahil jika sampai menutup lokasi tambang. Aris, tambah merasa dilema, karena telah didesak oleh Dinas PU Energi dan sumber Daya Mineral, agar mengeluarkan surat keterangan usaha tersebut.

“Tetapi saya masih ingin menimbang-nimbang, karena jika saya keluarkan izin, pasti akan berbenturan dengan aturan lainnya. Saya tidak akan memosisikan diri sebagai orang yang melegalkan berdirinya usaha dalam wilayah yang tidak dibolehkan,”tegasnya.

PALU-  Kepala UPTD Taman Hutan Raya (Tahura) menyurati Walikota Palu untuk melaporkan aktivitas pertambangan emas yang masuk dalam kawasan Tahura

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close