Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tampilkan Peta Laut China Selatan Versi Tiongkok, Barbie Bikin Vietnam Murka

Selasa, 04 Juli 2023 – 17:56 WIB
Tampilkan Peta Laut China Selatan Versi Tiongkok, Barbie Bikin Vietnam Murka - JPNN.COM
Aktris Margot Robbie mempromosikan film terbarunya 'Barbie' di Seoul, Korea Selatan, Minggu (2/7). Film produksi Warner Brothers itu telah memicu kemarahan pemerintah Vietnam terkait penggunaan peta Laut China Selatan versi Tiongkok. Foto: Jung Yeon-je/AFP

jpnn.com, HANOI - Vietnam telah melarang film Warner Bros yang sangat dinanti-nantikan "Barbie" dari distribusi domestik atas sebuah adegan yang menampilkan peta yang menunjukkan wilayah yang diklaim secara sepihak oleh Tiongkok di Laut China Selatan, media pemerintah melaporkan pada hari Senin.

Nine dash line alias sembilan garis putus-putus berbentuk U digunakan pada peta Tiongkok untuk mengilustrasikan klaimnya atas wilayah yang luas di Laut China Selatan.

Termasuk di dalam klaim sepihak tersebut adalah petak-petak yang dianggap Vietnam sebagai landas kontinennya.

"Barbie" adalah film terbaru yang dilarang di Vietnam karena menggambarkan sembilan garis putus-putus Tiongkok yang kontroversial, yang ditolak dalam keputusan arbitrase internasional oleh pengadilan di Den Haag pada tahun 2016. Tiongkok menolak untuk mengakui keputusan tersebut.

Pada 2019 pemerintah Vietnam menarik film animasi DreamWorks "Abominable" dan tahun lalu melarang film aksi Sony "Unchartered" karena alasan yang sama. Netflix juga menghapus drama mata-mata Australia "Pine Gap" pada tahun 2021.

"Barbie", yang dibintangi Margot Robbie dan Ryan Gosling, awalnya dijadwalkan tayang di Vietnam pada 21 Juli, tanggal yang sama dengan di Amerika Serikat, menurut surat kabar Tuoi Tre milik pemerintah.

"Kami tidak memberikan lisensi untuk film Amerika 'Barbie' untuk dirilis di Vietnam karena mengandung gambar sembilan garis putus-putus yang menyinggung," lapor surat kabar itu, mengutip Vi Kien Thanh, kepala Departemen Perfilman, sebuah badan pemerintah. bertugas melisensikan dan menyensor film asing.

Warner Bros tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Vietnam dan Tiongkok telah lama memiliki klaim teritorial yang tumpang tindih atas wilayah yang berpotensi kaya energi di Laut China Selatan

Sumber Reuters

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    Orang Kuat

    Sabtu, 27 April 2024 – 07:07 WIB
    Orang Kuat - JPNN.com
  • Asia Oceania

    Vietnam: Mengimpor Barang dari Uni Emirat Arab Rawan Penipuan

    Kamis, 25 April 2024 – 16:46 WIB
    Vietnam: Mengimpor Barang dari Uni Emirat Arab Rawan Penipuan - JPNN.com
  • Investasi

    Luhut Sebut Tiongkok Bersedia Kembangkan Pertanian di Kalteng

    Senin, 22 April 2024 – 01:00 WIB
    Luhut Sebut Tiongkok Bersedia Kembangkan Pertanian di Kalteng - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Nilai Wong

    Sabtu, 20 April 2024 – 14:24 WIB
    Nilai Wong - JPNN.com
X Close